Home / Berita / Regional / Digendam, Emas Senilai Rp50 Juta Dibawa Kabur

Digendam, Emas Senilai Rp50 Juta Dibawa Kabur

Ilustrasi Penipu
Ilustrasi Penipu

Jawa Timur, Aktualpost.com – Warga Dusun Tambak, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik, Hanifah (70) jadi korban penipuan dengan modus gendam. Perhiasan emas milik korban senilai Rp50 juta raib digondol pelaku.

Pelaku berhasil mendekati korban dengan cara bertamu ke rumahnya. Pelaku mengaku sebagai suruhan istri kepala desa untuk memeriksa kesehatan dan mengukur tensi darah korban. Setelah itu, korban terhipnotis.

Pelaku meminta korban untuk menyerahkan semua perhiasan yang dimiliki. Karena sudah terhipnotis, korban menuruti apa yang diperintahkan pelaku.

Kalung emas berikut liontinnya seberat 100 gram diserahkan kepada tersangka. Pelaku pamit pergi sambil mengatakan kepada korban jika perhiasan itu bisa diambil di puskesmas.

Setelah pengaruh gendam hilang, korban melapork ke Mapolsek Tambak. Polisi langsung melakukan pengejaran sesuai dengan ciri-ciri yang disampaikan korban. Tanpa kesulitan, tersangka berhasil dibekuk dan digelandang ke mapolsek.

Pelaku yakni Hasanah (28), warga Desa Pekalongan, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean. Dia dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman kurungan empat tahun penjara.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...