Home / Berita / Ibu Kota / Digusur, Warga Bukit Duri Siap Lawan Ahok di Pengadilan!

Digusur, Warga Bukit Duri Siap Lawan Ahok di Pengadilan!

Warga Bukit Duri Jakarta Selatan mengajukan gugatan secara berkelompok melawan Pemprov DKI Jakarta yang akan menertibkan permukiman mereka.

Digusur, Warga Bukit Duri Siap Lawan Ahok di Pengadilan!

Warga Bukit Duri menganggap Pemprov DKI Jakarta melanggar hukum dan ingkar janji, jika tetap memaksakan penertiban. Hal itu diungkapkan kuasa hukum warga, Vera WS Soemarwi. Pihaknya juga menyinggung janji Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2012, kala itu tidak akan menggusur kawasan Bukit Duri.

“Selama menjalankan proses program normalisasi ini, pemerintah telah melakukan beberapa tindakan melawan hukum. Maka warga minta program ini dihentikan” ungkap Vera WS Soemarwi.

Tindakan melawan hukum tersebut dianggap terjadi karena Pemkot Jakarta Selatan dalam sosialisasinya tidak pernah menyebutkan dan membuktikan jika lahan yang ditempati warga adalah milik Pemprov DKI.

Namun setelah Basuki Tjahaja Purnama menggantikan Jokowi sebagai gubernur, rencana penggusuran kawasan Bukit Duri mencuat. Padahal Vera meyakini ada ratusan warga di sana yang memiliki sertifikat hak milik tanah dan bangunan.

“Kami sudah mengungkapkan sejarahnya bahwa dari jaman Tarumanegara, lalu pemerintahan Belanda, sampai Indonesia, mereka tinggal di sini secara turun temurun” tambah Vera.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...