Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Dikejar Waktu, Akhirnya KPU Selesaikan Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Pilkada

Dikejar Waktu, Akhirnya KPU Selesaikan Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Pilkada

KPU

Bangsa Indonesia telah menyusun agenda besar nasional berupa pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) secara serentak di sejumlah daerah. Pilkada Gubernur, Bupati dan Walikota secara serentak dibagi dalam tiga gelombang yakni Tahap I (Desember 2015), Tahap II (Februari 2017), serta Tahap III (Juni 2018).

Untuk Tahap I yang digelar serentak bagi 260 kabupaten dan kota serta 9 provinsi, akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Sebelum berlangsung, maka dilakukan langkah-langkah seperti Pendaftaran pasangan calon (26-28 Juli), Pemeriksaan kesehatan pasangan calon (26 Juli – 1 Agustus), Penelitian syarat pencalonan (28 Juli – 2 Agustus), Penetapan pasangan calon (24 Agustus) serta Pemungutan suara (9 Desember 2015).

Sebelum Pilkada serentak dilangsungkan ada peraturan yang harus diselesaikan oleh KPU. Karena dikejar waktu akhirnya pada Kamis (30/4) silam, KPU menyelesaikan dan menetapkan 10 peraturan KPU (PKPU) yang menjadi pedoman pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2015.

Dari sepuluh PKPU, tujuh di antaranya baru berhasil ditetapkan Kamis (30/4) malam, Sementara tiga lainnya telah ditetapkan beberapa waktu lalu dan telah disahkan Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia. Dengan demikian penyelenggara pemilu memenuhi target penyusunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Menurut Komisioner KPU Arief Budiman mengatakan bahwa pihaknya dalam menetapkan PKPU tentang pedoman pilkada memang tak boleh melampaui tanggal 30 April. Sebab, melampaui tanggal 30 April berarti melanggar UU Pilkada.

“Ini sudah selesai semua. Dengan selesainya PKPU maka seluruh tahapan pilkada telah dapat dilaksanakan sepenuhnya,”ujar Arief.

Berikut 10 PKPU Tentang Pedoman Pilkada:

  1. PKPU tentang Tahapan Pilkada (disahkan Kemenkumham)
  2. PKPU tentang Tata Kerja (disahkan Kemenkumham)
  3. PKPU tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih (disahkan Kemenkumham)
  4. PKPU tentang Partisipasi Masyarakat
  5. PKPU tentang Norma dan Standar Logistik
  6. PKPU tentang Kampanye
  7. PKPU tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara
  8. PKPU tentang Rekapitulasi dan Penetapan Pasangan Calon
  9. PKPU tentang Dana Kampanye
  10. PKPU tentang Pencalonan

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...