Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Dirjen Bimas Kristen : Sinode GIDI agar Minta Maaf atas Rusuh Tolikara

Dirjen Bimas Kristen : Sinode GIDI agar Minta Maaf atas Rusuh Tolikara

masjid dibakar

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Jumat (17/7) pagi telah terjadi kericuhan pembakaran tempat ibadah dan beberapa rumah serta kios yang berlatarbelakang agama di Karubaga, ibu kota Tolikara, Papua.

Mengenai hal ini, Direktur Jenderal Bimas Kristen Kementerian Agama, Oditha R Hutabarat, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menghubungi Ketua Sinode Gereja Injil di Indonesia (GIDI) untuk meminta keterangan sekaligus meminta mereka menyampaikan permohonan maaf.

“Saya telah menghubungi Ketua Sinode GIDI agar segera membuat surat penjelasan kronologis kejadian sekaligus pernyataan permohonan maaf kepada umat Islam Indonesia terkait dengan peristiwa itu,” kata Hutabarat, di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Ditambahkan olehnya, Ketua Sinode GIDI akan membuat surat tersebut dan mengirimkannya lewat surat elektronika.

Selanjutnya, Hutabarat menghubungi Persekutuan Gereja dan Lembaga Injili Indonesia (PGLII) di mana GIDI berafiliasi. PGLII diminta agar bisa bersama-sama menempuh langkah-langkah strategis menyikapi persitiwa itu.

Untuk itu, rencananya, hari Sabtu (18/7), Hutabarat bersama pengurus Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia akan mengadakan konferensi pers di Kantor Pusat PGI, Jakarta, untuk memberikan penjelasan sekaligus menyampaikan permohonan maaf kepada umat Islam.

Hutabarat sendiri menegaskan, bahwa umat Kristen sangat prihatin atas penundaan shalat Ied dan pembakaran rumah ibadah di Tolikara, Papua itu.

Dirinya juga prihatin karena insiden tersebut justru terjadi pada saat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, yang merupakan hari kemenangan bagi umat muslim.

“Atas nama pemerintah kami mohon maaf atas peristiwa yg melukai hati umat muslim yang adalah saudara-saudara kami sebangsa dan setanah air. Kami berharap agar masalah ini dapat diselesaikan sesuai peraturan perundangan berlaku,” ujarnya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...