Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Disebut Ingin Bubarkan Koramil Hingga Kodim, Ini Reaksi Jokowi

Disebut Ingin Bubarkan Koramil Hingga Kodim, Ini Reaksi Jokowi

“Kodim dan Koramil tidak memiliki fungsi pertahanan di daerah” ungkap Agus Widjojo.

Disebut Ingin Bubarkan Koramil Hingga Kodim, Ini Reaksi Jokowi

Seperti yang diketahui jika wacana pembubaran satuan teritorial pertama kali diungkapkan mantan Kepala Staf Teritorial TNI Letjen (Purn) yang saat ini menjabat Gubernur Lemhanas, Agus Widjojo. Menurut Agus Ppenghapusan itu sejalan dengan reformasi TNI untuk tidak lagi terlibat dalam politik.

“Kodim dan Koramil tidak memiliki fungsi pertahanan di daerah, kerja mereka tidak ada. Semua tanggung jawab teritorial lebih baik diserahkan kepada pemerintah daerah setempat” ungkap Agus Widjojo, seperti yang dilansir Antara.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo menegaskan jika satuan teritorial TNI sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu tidak mungkin satuan tersebut dibubarkan. Jokowi menyatakan hal tersebut dalam sambutan acara buka puasa bersama di Plasa Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Senin (27/6/2016).

“Perlu saya tegaskan, saya berkeyakinan satuan teritorial tetap sangat dan sangat penting untuk dipertahankan keberadaannya” ungkap Jokowi (27/6/2016).

Presiden perlu menyampaikan hal tersebut. Pasalnya sempat ada wacana pengalihan fungsi satuan teritorial kepada pemerintah. Jokowi menegaskan satuan teritorial penting sebagai ujung tombak deteksi dini gangguan pertahanan Indonesia.

“Sebagai deteksi dini terhadap ancaman negara kita, ini sebagai deteksi terhadap ancaman atas keutuhan NKRI dan gangguan keamanan dalam negeri. Memang ada kajian akademik”

“Ini sebagai masukan, sebagai pendapat, dan sebagai bahan pertimbangan. Tetapi sekali lagi saya memilih tetap mempertahankan satuan ini” pungkas Jokowi.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...