Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / DP Kredit Rumah dan Kendaraan Akan Turun Bulan Juni

DP Kredit Rumah dan Kendaraan Akan Turun Bulan Juni

Ratio LTV (Loan to Value) rencananya pada bulan Juni akan dinaikan oleh Bank Indonesia. LTV merupakan ratio kredit yang diberikan terhadap jaminan yang diserahkan oleh debitur. Kenaikan LTV ini akan meringankan down payment bagi nasabah yang akan mengambil kredit rumah dan kendaraan bermotor. Untuk rumah dikhususkan bagi kredit rumah pertama.

“Aturannya, akan keluar bulan Juni dan dapat langsung diterapkan bulan itu, aturan ini hanya berlaku untuk kredit rumah pertama. Tujuannya agar tidak menimbulkan spekulasi pada bisnis properti yang menyebabkan harga rumah terus naik.” kata Agus D.W Martowardojo, Gubernur BI, Jumat (22/5).

Ketentuan terbaru LTV untuk KPR akan dinaikan sebesar 10 %, semula 70 % menjadi 80% berlaku bagi bank konvensional dan bank syariah. LTV tersebut untuk rumah pertama atau dengan setoran uang muka sebesar 20%. Selain LTV untuk kredit rumah BI juga menaikan LTV untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) sebesar 10 % yang akan berlaku pada bulan Juni, sehingga DP kredit kendaraan menjadi 20 %.

Kenaikan LTV disambut gembira oleh kalangan perbankan dan para pengembang serta dealer. Namun dampak perubahan dari LTV diproyeksikan baru terasa pada kuartal IV tahun ini, dengan perhitungan proses booking kredit baru pada kuartal III, dan pencarian kredit baru sekitar awal kuartal IV/2014. Selain itu pada bulan Juni ada pengeluaran rumah tangga yang cukup besar yaitu bayaran sekolah.

Lain halnya dengan kredit kendaraan bermotor dampaknya akan terasa langsung pada bulan Juni dan Juli tahun ini karena adanya kenaikan permintaan kendaraan menjelang lebaran.

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...