Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / DPR Bilang Kalau Penenggelaman Kapal Tidak Efektif Cegah Terjadinya Illegal Fishing

DPR Bilang Kalau Penenggelaman Kapal Tidak Efektif Cegah Terjadinya Illegal Fishing

kapal diledakkan

DPR RI menilai kalau penenggelaman kapal ikan asing yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak efektif mencegah illegal fishing. Sebaliknya langkah itu banyak merugikan Indonesia.

“Penenggelaman kapal ikan ilegal dengan pemboman merupakan kesalahan besar. Tindakan ini menunjukkan pemerintah ingin menegakkan aturan dengan cara melanggar aturan. Lebih fatal lagi, pemerintah mempertontonkan pelanggaran hukum itu kepada rakyat,” kata anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/2).

Ditambahkan oleh Bambang, pemboman kapal itu melanggar peraturan perundang-undangan, seperti Undang-Undang No. 17/2008 tentang Pelayaran dan aturan IMO (International Maritime Organization) yang sudah diratifikasi oleh Indonesia.

Ia pun mengutip pasal 229 UU Pelayaran yang menyatakan setiap kapal dilarang melakukan pembuangan limbah, air balas kotoran, sampah serta bahan kimia beracun ke perairan. Namun, lanjut Bambang, Kementerian Kelautan dan Perikanan justru menenggelamkan kapal-kapal itu dilaut dekat pantai, bahkan pada jarak kurang dari 1 mil dari pantai, sehingga berpotensi besar mengganggu alur pelayaran.

“Kapal yang tenggelam akibat kecelakaan saja diperintahkan untuk segera diangkat, tetapi ini malah ditenggelamkan dengan sengaja,” kata Bambang.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...