Home / Berita / Nasional / DPR Seutujui Kenaikan BBM, PKS Pasrahkan Mentrinya ke Presiden

DPR Seutujui Kenaikan BBM, PKS Pasrahkan Mentrinya ke Presiden

DPR Seutujui Kenaikan BBM
Voting DPR (viva.co.id)

DPR Seutujui Kenaikan BBM – Rapat paripurna yang berlangsung Senin kemarin (17/06/2013) akhirnya membuat DPR menyetujui rencana kenaikan BBM. Sebagai partai yang menentang rencana ini sedari awal, PKS pun angkat suara dan menyerahkan nasib menetrinya kepada presiden SBY. Rapat pripurna yang berlangsung pada Senin malam kemarin menghasilkan suara bulat bahwa anggota DPR RI menerima rencanana kenaikan BBM ini. Restu yang diberikan anggota DPR atas kenaikan harga BBM tentu saja menjadi suatu cambuk tersendiri bagi PKS. Sebagai partai koalisi yang sejak awal menolak rencana pemerintah ini, PKS menjadi satu-satunya pertai yang didepak dari koalisi. Dan ancaman didepaknya PKS ini tentu saja berimbas pada tiga menteri mereka yang sedang duduk di kursi kabinet. Dan karena DPR telah menyetujui recana kenaikan BBM ini, PKS mnegaskan akan memasrahkan menterinya ke Presiden. Sekretaris Fraksi PKS Abdul Hakim saat ditemui wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6/2013) malam kemarin,mengatakan bahwa nasib menteri sepenuhnya hak presiden. “Kami sudah perjuangkan konstituen. Soal menteri kami serahkan, tentu Presiden akan mempertimbangkan secara bijak,” kata Abdul Hakim.

Pada rapat paripurna kemarin,mayoritas anggota dewan menyetujui rencana kenaikan Rancangan Undang-undang Anggaran Belanja dan Negara Perubahan (RAPBNP) Tahun Anggaran 2013. Penyetujuan ini menjadi suatu sinyal bahwa rencana kenaikan BBM yang diusung oleh peemrintah akan menjadi kenytaan. Keputusan sebgian besar anggota dewan ini tentu saja membuat partai yang menentang seprti PDI-P dan PKS pasrah. Namun PDI-P mengatakan mereka akan tetap profesional dan megikuti apa yang menjadi keputusan anggota dewan. Setidaknya hal itulah yang diungkapkan oleh ketua Fraksi PDIP DPR Puan Maharani. “Jadi karena keputusan ini telah disepakati, kami mengikuti apa yang telah disepakati tersebut, dengan pemberian BLSM (bantuan langsung sementara masyarakat), raskin, dan bantuan keluarga harapan serta yang lainnya,” ungkap Puan. DPR menyetujui kenaikan harga BBM karena hal ini akan membantu mengurangi defisit dalam RAPBN 2013. Dan selain itu mereka beralasan bahwa BLSM sudah akan sangat membantu rakyat meski kenaikan harga ini resmi terjadi.

Seperti PDI-P, PKS pun menegaskan akan tetap profesional dan menerima keputusan ini meski kubu mereka tetap menolak rencana kenaikan BBM. Namun meski terancam didepak dari koalisi dan harus  mempertaruhkan nasib menterinya, PKS tetap ngotot akan terus memperjuangkan pendapat mereka.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...