Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / DPR Tolak Pengajuan Anggaran Kemenhan TNI, Kenapa?

DPR Tolak Pengajuan Anggaran Kemenhan TNI, Kenapa?

“Itu pagu yang diajukan jangan jauh dari yang dijanjikan, sehingga ketika pengajuannya kami tolak dahulu” ungkap Wakil Ketua Komisi I DPR, Hanafi Rais (Selasa, 21/6/2016).

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (kiri) serta KASAD Letjen TNI Gatot Nurmantyo (kanan) berjalan bersama usai meresmikan pembangunan Rumah Sakit Ridwan Meuraksa Kodam Jaya, Pinang Ranti, Jakarta Timur, Rabu (13/5). Pembangunan RS Ridwan Meuraksa Kodam Jaya yang luasnya 26.954 meter persegi tersebut bertujuan untuk mendekatkan fasilitas kesehatan dengan instalasi militer dan prajurit yang sebelumnya berada di daerah Kramat Raya Jakpus. ANTARA FOTO/Roni/YM/ss/mes/15

Hanafi Rais mengatakan jika Komisi I menolak pengajuan anggaran Kementerian Pertahanan-TNI tahun anggaran 2017 sebesar Rp 104 triliun-Rp 107 triliun. Pasalnya menurut Hanafi, pagu tersebut jauh di bawah seperti yang dijanjikan pemerintah.

“Janji pemerintah mengusahakan (anggaran Kemhan-TNI) 1,5 persen dari PDB, karena itu pagu yang diajukan jangan jauh dari yang dijanjikan sehingga ketika pengajuannya kami tolak dahulu” ungkap Hanafi di Gedung Nusantara II Jakarta, seperti yang dilansir Antara (Selasa, 21/6/2016).

Hanafi menjelaskan jika pagu yang diajukan 1,5 persen dari PDB, maka anggarannya sekitar Rp 180 triliun sampai Rp 200 triliun. Menurut dia anggaran tersebut diperuntukkan bagi koordinasi, alutsista, kesejahteraan TNI, perumahan dan fungsi-fungsi lainnya.

“40 persen untuk belanja rutin, 20 persen lebih sedikit untuk belanja barang dan sisanya belanja modal” tambahnya.

Hanafi mengatakan pemerintah beralasan tidak bisa memenuhi 1,5 persen dari PDB karena alasan ekonomi. Namun menurut dia, anggaran TNI tidak bisa diperlakukan sama dengan kementerian atau lembaga lain. TNI merupakan tulang punggung negara dalam menjaga kedaulatan negara.

“Karena itu dalam penganggarannya ada termin khusus dari sisi politik anggaran terutama dari pihak Kemenkeu dan Bappenas” pungkasnya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...