Home / Berita / Ibu Kota / DPRD DKI Siap Gulirkan HMP Buat Ahok

DPRD DKI Siap Gulirkan HMP Buat Ahok

20140425-gedung-dprd-dki-jakarta

Perseteruan DPRD DKI Jakarta dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok, nampaknya terus berlanjut. Ini terlihat ketika Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan akan melanjutkan Hak Angket ke Ahok ke taraf Hak Menyatakan Pendapat (HMP).

Taufik beralasan kalau HMP digulirkan akan menyelamatkan citra DPRD yang telah berhasil mengungkap pelanggaran atas undang-undang yang dilakukan Ahok.

“Kesimpulan hak angket itu, gubernur melanggar undang-undang dalam pembahasan APBD, sehingga kalau tidak dilakukan HMP, DPRD hanya membiarkan orang yang melanggar undang-undang,”ujar Taufik dalam diskusi bertema Pengguliran HMP Sebagai Upaya Selamatkan Wajah Kebon Sirih di Warung Komando Tebet, Jaksel hari Minggu (3/5) kemarin.

Untuk bisa menggulirkan HMP, perkara tidak mudah. Sebab menurut pengakuan Taufik, fraksi di DPRD masih menunggu restu dari pimpinan partai masing-masing. Satu diantaranya PDIP yang masih meminta izin dari Ketua Umumnya.

Dari pengamatan politisi Partai Gerindra ini, syarat dasar dari HMP sebenarnya bisa dipenuhi. Syaratnya yakni adanya pengajuan dari 20 anggota legislatif dari fraksi yang berbeda.

HMP sendiri, kata Taufik tidak mesti berujung pemakzulan, tapi bisa juga berupa peringatan.

Mengenai waktu kapan pelaksanaan akan digelarnya HMP, Taufik berusaha kalau HMP digelar dalam waktu dekat. Rencananya akhir bulan ini.

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...