Home / Berita / Nasional / Dua Bandara Indonesia Masuk 10 Besar Dunia

Dua Bandara Indonesia Masuk 10 Besar Dunia

bandara i gusti ngurah rai

Bangsa Indonesia patut berbangga sebab dua bandaranya yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda Surabaya berhasil mencatatkan diri masuk dalam jajaran 10 besar bandara dengan tingkat layanan terbaik di dunia berdasarkan survey Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council Internasional (ACI) pada periode Q4 (Oktober – Desember 2014).

Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo mengatakan bahwa ASQ merupakan satu-satunya program branchmarking global yang mengukur global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara, yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia dan berbasis di Montreal, Kanada.

Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini antara lain suasana bandara, fasilitas belanja, fasilitas restoran dan tempat makan, ketersediaan bank/ATM/money changer, sarana hiburan dan rekreasi di bandara, serta keramahan dan kesigapan staf bandara.

Pengelola bandara di dunia sangat selektif dan hanya mengajukan bandara terbaiknya untuk ikut survei ASQ ini. Dari Indonesia, Angkasa Pura Airports mengikutkan empat bandaranya, sementara Angkasa Pura II lima bandara.

Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada di ranking ketujuh dunia di kategori 5-15 juta penumpang per tahun, sekaligus merupakan bandara Indonesia dengan ranking dunia terbaik di kelasnya. Sementara Bandara Juanda Surabaya masuk dalam 10 besar.

Hasil ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan level of service yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura Airports selama ini cukup berhasil.

“Kami bertekad untuk terus meningkatkan layanan di bandara-bandara kami, sehingga visi Angkasa Pura Airports untuk menjadi sepuluh besar perusahaan pengelola bandara terbaik di Asia di tahun 2020 bisa terwujud lebih cepat dari target yang ditetapkan,” ujar Tommy

Buat masyarakat pengguna bandara tentu apa yang disandang oleh kedua bandara tersebut akan menjadi contoh buat bandara-bandara lain di tanah air. Masyarakat berharap, operator bandara untuk selalu meningkatkan pelayanannya. Sebab dari tahun ke tahun jumlah pengguna jasa pesawat terbang makin naik.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...