Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ejek Mao Zedong, Pembawa Acara TV China Terancam Hukuman Berat

Ejek Mao Zedong, Pembawa Acara TV China Terancam Hukuman Berat

Bi Fujian pembawa acara China Central Television CCTV
Bi Fujian pembawa acara China Central Television CCTV

Seorang pembawa acara TV Cina terancam “hukuman berat” karena gurauannya tentang Mao Zedong, demikian dilaporkan media pemerintah China. Video Bi Fujian menyanyikan lagu parodi dalam sebuah pesta pribadi, yang isinya meledek bekas pemimpin China dalam bahasa kasar, dipajang online bulan April lalu.

Setelah tersebarnya video itu, Bi Fujian tidak diperbolehkan mengisi acara lagi, di tengah kontroversi tersebut. Namun harian People’s Daily mengatakan telah memerintahkan kantor tempat Bi bekerja, lembaga penyiaran negara CCTV, untuk menghukumnya sebagai langkah awal, karena “pelanggaran serius terhadap disiplin politik.”

Bagi masyarakat dan Pemerintah China,  figur Mao Zedong amat dihormati  karena dianggap sebagai pendiri China Modern. Meledek tokoh terkenal komunias ini  dianggap sebagai hal yang sangat tabu. Bi Fujian adalah pembaca acara TV pertama yang terjerembak dalam pasal penghinaan pendiri China ini. Bi adalah seorang pembawa acara populer di CCTV untuk acara kontes bakat, Star Boulevard.

Dalam pernyataannya di akun Weibo-nya, Bi meminta maaf untuk peristiwa itu, dan mengatakan bahwa ia telah “menyebabkan konsekuensi yang serius.. sebagai seorang tokoh publik, saya belajar dari hal ini, dan harus belajar lagi menerapkan standar yang tinggi dan disiplin diri yang ketat”.

Mao Zedong, pendiri Partai Komunis China
Mao Zedong, pendiri Partai Komunis China

Berita tentang hukumannya menjadi kontroversi di Weibo, beberapa mengkritiknya karena dianggap membatasi kebebasan berbicara, sementara yang lain beranggapan Bi perlu dihukum.

Sekalipun China secara resmi mengakui adanya kekeliruan dalam diri Mao, ia masih amat dihormati, dan menghina Mao dan pemimpin lain masih dianggap tabu di China.

Saat ini perdebatan soal hukuman bagi Bi masih jadi perbincangan di China. Namun banyak yang meyakini, pembawa acara ini akan mendapat sanksi yang tidak ringan. Saat ini saja ia harus dipaksa hengkang dari televisi tempatnya bekerja. – BBC

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...