Home / Berita / Dunia / Embargo dicabut, Warga Iran Sambut Suka Cita

Embargo dicabut, Warga Iran Sambut Suka Cita

iran90

 

Warga Iran saat ini lagi bersuka cita. Sebabnya dicabutnya sanksi yang dijatuhkan kepada negaranya pasca satu dekade hidup dalam embargo. Para pejabat Barat akhirnya secara resmi mencabut sanksi terhadap Iran setelah Teheran melaksanakan perjanjian nuklir internasional.

Seperti dilansir dari dari laman The Guardian, Minggu (17/1), luapan kegembiraan itu ditunjukkan oleh warga Iran dengan memberikan ucapan selamat kepada satu sama lain di jejaring media sosial, seperti Facebook.

“Tadi malam, orang-orang Republik Islam Iran pergi tidur dengan pikiran yang tenang untuk bangun dengan cakrawala tanpa sanksi. Ya, pada 1 dini hari, dinding sanksi itu akhirnya runtuh,” demikian tulis Editor Etamaad, Javad Daliri, dalam kolomnya.

Dengan pencabutan sanksi ini juga memberikan efek positif pada bursa efek Teheran. Di dalam penutupan perdagangan hari terkahir kemarin, bursa efek Iran ditutup menguat.

“Semua orang senang dengan kesepakatan nuklir ini kecuali Zionis, mereka yang ingin memecah belah dunia Muslim, dan kelompok ekstrimis kecil di AS,” tutur Presiden Iran, Hassan Rouhani, didepan anggota Parlemen Iran.

 

 

Baca Juga

Sebulan Hilang, Seorang Kakek Ditemukan Tewas Terbakar di Hutan

Foto: Istimewa Ngawi – Seorang kakek ditemukan tewas dengan tubuh terbakar. Diduga, Harjo Sumarto (90) ...