Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Eureup-Eureup Atau Ketindihan Saat Tidur, Apa Penyebabnya ?

Eureup-Eureup Atau Ketindihan Saat Tidur, Apa Penyebabnya ?

Pernahkan ketika anda tidur dan bermimpi seperti dikejar-kejar sesuatu yang buruk namun sulit untuk menghindari atau lari? Pada saat itu anda sudah berteriak- teriak meminta tolong tapi suara yang dikeluarkan tidak terdengar bahkan cenderung sulit mengeluarkan suara dan  terasa sesak napas. Banyak yang mengatakan hal itu adalah ketindihan atau eureup-eureup atau juga disebut Sleep paralysis. Apa Sleep Paralysis itu?

Sleep Paralysis adalah ketidakmampuan tubuh dalam mengendalikan otot volunter selama sleep onset (Gypnagogic) atau selama terbangun diantara waktu makan malam dan pagi (hypnopompic) dan biasanya terjadi ketika seseorang berada pada tidur paling dalam saat seluruh otot relaksasi. Tetapi perubahan tidur yang mendadak akibat gangguan siklus tidur menyebabkan orang itu tersadar.
Selain itu Sleep Paralysis adalah perasaaan halusinasi, tercekik dan sulit menggerakkan lidah. Dalam keadaan ini seseorang dapat membuka mata, dan melihat sekeliling namun tidak bisa bergerak.

Agar tidak mengalami Sleep Paralysis sebaiknya, tidur cukup dengan jadwal teratur dan hindari stres. Selain itu posisi tidur yang terlentang juga bisa menyebabkan Sleep Paralysis. Hindari juga obat-obatan yang mengganggu pola tidur seperti diuretic serta minuman beralkohol juga dapat meyebabkan Sleep Paralysis.

Baca Juga

Ini Tentara Istimewa Filipina yang Diutus untuk Gempur ISIS di Marawi

Sabtu 21 Oktober 2017, 11:56 WIB Romeo Ranoco/REUTERS – detikNews Jakarta detikNews – Filipina terus ...