Home / Tekno / Internet / Facebook Mulai Menghadirkan Fitur Hashtag

Facebook Mulai Menghadirkan Fitur Hashtag

Facebook Hashtag
Facebook Hashtag (mashable.com)

Aktual Post – Kabar terbaru mengenai penyempurnaan fitur pada jejarin sosial Facebook, akhirnya dirilislah fitur menarik yakni hashtag. Fitur ini memungkinkan pengguna jejaring sosial untuk mencari segala sesuatu yang berkaitan dengan topik. Topik di sini diartikan adalah suatu unsur yang terdapat pada fitur hashtag, dimana ada sebuah pembahasan khusus di dalamnya.

Pihak Facebook sendiri baru menghadirkan fitur ini untuk sebagian kecil pengguna. Adalah pada Maret yang lalu, mereka sudah mencanangkan fitur ini. Dan akhirnya pada Rabu (12/6) sejumlah kecil pengguna jejaring sosial terbesar di dunia ini untuk mencoba keefektifan daripada fitur hashtag itu sendiri.

Sementara itu, untuk pengguna Facebook secara keseluruhan, mereka bisa menjajal fitur terbaru ini beberapa pekan ke depan. Dengan demikian, Anda bisa saja mengklik topik yang terdapat pada fitur hashtag. Selain itu, pengguna juga dapat mengklik hashtag dari aplikasi lain seperti Instagram, melalui Facebook juga.

Tentu saja dengan kehadiran fitur hashtag atau yang sering disebut tagar (tanda pagar) akan memudahkan pengguna. Namun lain lagi dengan para pengiklan, mereka tidak diperbolehkan untuk memakai fitur tagar sebagai pembagi kategori iklan. Hal ini disebabkan karena pihak Facebook sendiri hanya ingin memudahkan para pengguna untuk mengkategorikan pembicaraan mereka, bukan untuk para pengiklan.

Menurut sejarahnya sendiri, fitur tagar ini pertama kali diciptakan oleh pengguna jejaring sosial Twitter pada 2007 lalu. Pihak Twitter kemudian mengambil langkah untuk mengadopsi sistem tersebut di API mereka. Setelahnya muncul lagi platform lain yang menggunakan fitur ini, seperti Flickr, Tumblr, Google+, serta Instagram.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...