Home / Berita / Politik / Fadli Zon : Batalkan Kenaikan Tarif 15 Ruas Jalan Tol

Fadli Zon : Batalkan Kenaikan Tarif 15 Ruas Jalan Tol

wakil-ketua-dewan-perwakilan-rakyat-dpr-fadli-zon

Seperti diketahui kalau 15 ruas jalan tol disesuaikan tarifnya pada 1 November 2015 sesuai keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 507/KPTS/M/2015.

Terkait kebijakan menaikkan tarif 15 ruas jalan tol dikecam banyak kalangan. Salah satunya datang dari Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Ia mengecam kebijakan neoliberal untuk menaikkan tarif 15 ruas jalan tol apalagi banyak sekali kenaikan harga, yang harus ditanggung rakyat, yang sudah pasti membuat rakyat sangat sengsara.

“Pemerintah tampaknya masih terus membuat rakyat semakin menderita dengan kebijakan-kebijakan neoliberalnya,” ujarnya dalam keterangan secara tertulis di Jakarta, Senin (2/10).

Harusnya, lanjut Fadli, pemerintah ini mampu mencari jalan kreatif menambah pendapatan negara, sehingga yang tidak merugikan rakyat.

Bukti kebijakan ini neoliberal, kata Fadli, terlihat dari semua ruas tol diperlakukan dengan kebijakan yang sama.

“Pembangunan jalan tol seharusnya menggunakan konsep Build, Operate and Transfer (BOT,” tuturnya.

Apabila waktunya berakhir, dengan BOT itu, sambung Fadli, maka tol yang semula dikelola swasta harus dikembalikan kepada negara dan kembali menjadi jalan umum biasa.

“Kita lihat, Jagorawi dibangun 1978, harusnya sudah dikembalikan kepada negara. Ruas Jagorawi sudah berkali-kali balik modal, sangat untung, sudah seharusnya digratiskan. Tapi, saat ini malah dinaikkan kembali. Ini rezim neoliberal namanya,” jelas politikus Partai Gerindra.

Dengan dinaikannya tarif tol kali ini, kata Fadli, jelas menguntungkan pemodal dan menyusahkan masyarakat. Pemerintah dianggapnya lebih membela kepentingan swasta.

 

 

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...