Home / Berita / Dunia / Fadli Zon Curhat dari Mina : Lambat Sekali Penanganan Terhadap Korban

Fadli Zon Curhat dari Mina : Lambat Sekali Penanganan Terhadap Korban

fadli zon

Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang saat ini sedang berhaji atas undangan Raja Salman ikut memantau korban tragedi Mina di Arab Saudi. Ia menilai penanganan korban insiden ini lambat.

Bersama dengan Ketua DPR Setya Novanto dan Ketua F-PKS Jazuli Juwaini, Fadli memantau langsung korban dari Indonesia di RS Emergency Mina. Mereka pun bertemu dengan sala seorang jamaah asal Indonesia yang menjadi korban selamat tragedi Mina yakni Ibu Ati Rohyani.

Fadli menuturkan bahwa Ibu Ati lebih dari 8 jam duduk kedinginan. Ia terinjak-injak dan nyaris tewas dalam insiden itu. Kaki dan tangannya luka-luka dan tak bisa jalan. Ibu Ati pun menceritakan kalau ada 6 adiknya dalam insiden Mina belum jelas nasibnya.

“Sayangnya, tak ada petugas kita yang standby di RS Emergency Mina. Kami berada dari jam 15.00 hingga 20.15 di RS, jamaah kita yang menjadi korban sudah berjam jam duduk, namun belum ada Daker atau petugas haji kita yang datang,” tutur Fadli dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/9).

Fadli mencoba menghubungi adik Ati namun tidak tersambung. Dia kemudian berkomunikasi dengan suami Ati di Banjar, Jawa Barat.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menilai pendataan seluruh korban termasuk penanganan korban selamat jamaah Indonesia lambat. Korban selamat hanya berbaring dan tidak tahu caranya kembali ke maktab.

“Di RS dijumpai sejumlah pasien yang tidak tahu bagaimana kembali ke maktab. Mereka duduk dan berbaring di pelataran RS, umumnya orang berusia lanjut. Ada yang hanya bisa bahasa daerah,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta antisipasi terhadap insiden seperti ini lebih dipersiapkan. Fadli juga berharap pemerintah RI meminta pertanggungjawaban dari pihak Saudi.

“Tragedi Mina memang musibah, tapi bisa dihindari. Menteri Agama harus berani meminta pertanggungjawaban pihak Saudi. Ini juga pembelajaran bagi pelayanan haji kita agar lebih baik dan lebih siap termasuk jika terjadi insiden yang darurat,” imbuhnya.
 

 

 

 

Baca Juga

Tak Ada Lagi Foto Mischa Chandrawinata di Instagram, Jessica Mila Bantah Putus

Jakarta – Hubungan Jessica Mila dan Mischa Chandrawinata sudah terjalin cukup lama. Namun akhir-akhir ini, ...