Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Fatwa MUI : Bakar Hutan dan Lahan Secara Sengaja Hukumnya Haram…!

Fatwa MUI : Bakar Hutan dan Lahan Secara Sengaja Hukumnya Haram…!

kebakaran-hutan-riau-ilustrasi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa baru soal pembakaran hutan dan lahan serta pengendaliannya. Fatwa MUI menyebut kalau pembakaran lahan yang dapat merusak lingkungan adalah haram.

“Melakukan pembakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kerusakan, pencemaran lingkungan, kerugian orang lain, gangguan kesehatan dan dampak buruk lainnya adalah haram,” kata Wakil Ketua MUI Bidang Fatwa Huzaemah Tahido Yanggo di Komplek KLHK Gedung Manggala Wanabakti, Palmerah, Jakarta Selatan, Selasa (13/9).

Lebih lanjut dikatakan Huzaemah, sebagain besar kebakaran hutan di Indonesia disebabkan oleh campur tangan manusia.

“Fatwa ini adalah amar ma’ruf Nahi munkar,” imbuh Huzaemah.

“Kenapa MUI ikut serta? Karena ini (pembakaran hutan) bisa terjadi mudarat hingga menyebabkan kematian. Berdasarkan hasil kajian bersama, kebakaran hutan dan lahan di Indonesia terjadi karena ada campur tangan manusia,” lanjutnya.

Sementara itu pada kesempatan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mengatakan fatwa MUI terkait pembakaran hutan sebagai advokasi moral kepada masyarakat untuk mengurangi tindakan pembakaran hutan dan lahan secara sengaja.

“Menurut saya, sudah lama saya pahami, bahwa persoalan lingkungan selain pengetahuannya adalah public campaignnya. Apalagi terkait kebakaran hutan dan lahan yang pengalaman empirik LHK, bahwa hukum materil saja tidak cukup apalagi hukum formal dan ada yang lebih penting adalah moral,” terang Siti Nurbaya.

Fatwa soal hukum pembakaran hutan dan lahan serta pengendaliannya ditetapkan tanggal pada 27 Juli 2016 atas permintaan dan kerjasama KLHK. Pembahasan fatwa sendiri dimulai pada 31 Maret 2016 hingga 10 Juni 2016.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...