Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Fatwa MUI Menegaskan Bahwa BPJS Kesehatan adalah Produk Haram

Fatwa MUI Menegaskan Bahwa BPJS Kesehatan adalah Produk Haram

dok

Ijtima atau musyawarah  Komisi Fatwa  Majelis Ulama se-Indonesia V tahun 2015 di Tegal, Jawa Tengah mengeluarkan keputusan mengejutkan soal kebijakan Pemerintah tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.  Para ulama itu menegaskan bahwa kebijakan pemerintah terkait BPJS Kesehatan itu  adalah haram karena tidak sesuai dengan syariah.

Ketua Bidang Fatwa MUI, KH Ma’ruf Amin  kepada wartawan membenarkan adanya fatwa yang dikeluarkan Ijtima Ulama itu.

“Ya BPJS yang ada sekarang itu belum ada yang syariah, masih konvensional semua. Jadi memang harus ada BPJS yang diloloskan secara syariah,” kata Ma’ruf.

Fatwa itu menurutnya telah dikeluarkan dan menjadi keputusan Ijtima Ulama. Sehingga, MUI mendorong supaya pemerintah segera merubah sistem BPJS Kesehatan syariah. Bahkan dia menggolongkan kondisi BPJS Kesehatan dalam kondisi darurat.

“Ya betul. Sesegera mungkin (bentuk yang syariah). Ya itulah, itu yang jadi darurat, karena wajib BPJS tapi sistemnya belum ada yang syariah,” jelasnya seperti dikutip dari JPNN.  Karena kebijakan ini dinyatakan haram oleh MUI, maka para ulama itu menyarankan  agar umat Islam sebaiknya menghindari diri bergabung sebagai anggota BPJS. **

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

9 comments

  1. Andi

    tolong jelasin min,HALAN apaan’y.?

  2. Video Aneh

    Tuann Muda,Andi,Andy Phy, terima kasih atas koreksinya, sementara ini kami hire dulu,kami akan sampaikan kepada pihak admin Aktual post. Andy Phy, terima kasih anda ada fans berat VA, kami akan usulkan saran dari anda.

  3. gmn sih??? pemerintah mewajibkan rakyat indonesia mengikuti program BPJS Kesehatan eh… skrg ada fatwa program BPJS haram…. cape deh….

  4. ya sudah kalo diharamkan, BPJS buat yang non muslim aja…kan enak tanggungan pemerintah banyak berkurang hehehe

  5. MUI harus lebih jelas menjelaskan dan mensosialisasikannya kepada masyarakat terutama umat muslim agar menjadi tidak bingung dimana letak haramnya, dan bagaimana mendorong percepatan BPJS Syariah, jangan hanya mengeluarkan Fatwa Haram tapi tidak ada solusinya.
    Karena secara nyata BPJS sangat membantu rakyat kecil dalam berobat.