Home / Berita / Dunia / Fenomena Gerhana Bulan Total Supermoon akan terjadi pada 28 September 2015

Fenomena Gerhana Bulan Total Supermoon akan terjadi pada 28 September 2015

Super Moon
Fenomena langka Gerhana Bulan supermoon akan hadir di Indonesia pada tanggal 28 september 2015 waktu Indonesia atau 27 September waktu Amerika Serikat. Dimana fenomena Supermoon ini sangat langka dan jarang terjadi, bagaimana penjelasan gerhana bulang purnama Supermoon ini, berikut ini selengapnya.

Dilansir dari situs blog NASA, Jumat (25/9/2015) menuliskan bahwa fenomena ini merupakan gabungan dari dua peristiwa alam yakni gerhana bulang total serta supermoon, dimana supermoon merupakan bulan purnama atau bulan baru dimana posisinya berada di titik terdekat dengan khatulistiwa

Situs blog NASA, Jumat (25/9/2015) mengabarkan, fenomena ini adalah gabungan dari dua peristiwa alam, yakni gerhana bulan total dan supermoon. Supermoon adalah bulan purnama atau bulan baru yang posisinya berada di titik terdekat dengan garis khatulistiwa.

“Saat supermoon itu diameter bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dari sebelumnya,” demikian tulis NASA dalam blognya.

Kombinasi feomena langka ini bisa menghasilkan sebuah pemandangan yang indah. Bulan akan terlihat lebih besar dan dikombinasikan dengan warna merah akibat gerhana.

NASA menyebut, fenomena ini sangat jarang terjadi. Sejak tahun 1900, gerhana bulan supermoon hanya terjadi lima kali. Peristiwa ini terakhir kali terjadi pada tahun 1982. Kemungkinan besar, fenomena yang sama akan terjadi pada 2033.

Akan tetapi cukup disayangkan fenomena ini tidak dapat disaksikan kita yang berada di wilayah indonesia, karena kejadian ini hanya bisa dilihat oleh mereka yang tinggal di benua Amerika, Eropa dan Afrika saja.

Baca Juga

Belum Saatnya Chamberlain sebagai Gelandang Tengah

Ljubljana – Alex Oxlade-Chamberlain mendambakan untuk bisa bermain sebagai gelandang tengah di Liverpool. Tapi hal ...