Home / Tekno / Internet / Flappy Bird Dituding Kloning Mario Bros

Flappy Bird Dituding Kloning Mario Bros

Gameplay Mario Bros

Jika melihat gameplay Flappy Bird maka kita sekilas akan ingat permainan yang populer di medio 90-an besutan Nintendo. Ya, game tersebut adalah Mario Bros. Dua tukang ledeng bersaudara Luigi dan Mario yang berpetualang menyelamatkan sang putri dengan membasmi kawanan musuh kura-kura.

Tatkala Flappy Bird ditarik dari toko aplikasi perangkat bergerak, muncul beragam rumor yang menyebut jika sang pembesut, Dong Nguyen tengan ‘diancam’. Dan pihak yang lakukan itu tak lain dan tak bukan adalah pihak pengembang game Mario Bros sendiri, Nintendo.

Konsol game Jepang yang dulu sangat populer itu ‘mendakwa’ Dong Nguyen jika game Flappy Bird-nya miliki kesamaan antarmuka dan grafis. Jika ia tidak segera mencabut Flappy Bird dari sejumlah toko aplikasi yang ada, maka pengembang indie asal Vietnam itu bakal dituntut secara hukum.

Lantas, apa sesungguhnya kesamaan antara Flappy Bird dan Mario Bros? Dari unsur ceritanya sangat berbeda. Karakter utamanya juga berbeda. Tapi jika diperhatikan dengan seksama, ada dua hal yang nampak serupa: background art dan pipa-pipa berwarna hijau.

Game klasik Mario Bros memang identik dengan pipa. Di game tersebut pipa seakan sudah jadi trade mark. Di tiap stage permainan Mario Bros, baik Mario dan Luigi pasti wajib melompati pipa yang merintangi.

Ini juga berlaku untuk Flappy Bird. Tak hanya satu atau dua pipa, ratusan bahkan ribuan pipa berjejer rapi dan berdekatan. Dong Nguyen sendiri menampik isu di atas. Di Twitter ia menulis jika pencabutan Flappy Bird dari Play Store dan App Store tak ada kaitannya sama sekali dengan masalah legalitas.

Meski miliki grafis dan gameplay yang sepele, namun Flappy Bird bukan permainan remeh temeh. Setidaknya ini dari soal monetisasi. Game itu mampu mempertebal kantong Dong Nguyen. Saban harinya, ia mampu mengeruk USD 50 ribu atau setara Rp 600 juta.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...