Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Gempa 5,7 SR Sabtu Pagi dirasakan Warga di 16 Kota

Gempa 5,7 SR Sabtu Pagi dirasakan Warga di 16 Kota

gempa di jawa3

Sabtu (25/7) pagi sekitar pukul 04.40 WIB terjadi Gempa bumi. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa 5,7 skala richter (SR). Akibatnya gempa terasa di sejumlah daerah wilayah selatan Jawa, Sabtu (25/7).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pusat gempa di Samudra Hindia pada kedalaman 10 kilometer (km).

Berada di lokasi 111 km tenggara Ciamis, Jawa Barat; 115 km Tenggara Cilacap, Jawa Tengah; 117 km barat daya Kebumen, Jawa Tengah; dan 147 km barat daya Yogyakarta.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” ungkap Sutopo, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu pagi.

Menurut Sutopo, gempa dirasakan lemah, sedang, hingga kuat, oleh masyarakat di berbagai daerah. Gempa terasa di Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Purbalingga, Kota Yogyakarta, Gunungkidul, Bantul, Prambanan, Klaten, Solo, Magelang, Wonogiri, Pacitan, dan Ponorogo.

Ia juga menambahkan, gempa terasa kuat sekitar 10-15 detik di Tasikmalaya, Cilacap, Purbalingga, Kebumen, dan Gunungkidul dengan guncangan yang meliuk-liuk.

“Sebagian masyarakat berhamburan ke luar rumah dan berteriak gempa,” tuturnya.

Posko BNPB, kata Sutopo, sudah mengonfirmasi dampak gempa ke beberapa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Belum ada laporan kerusakan bangunan dan korban jiwa akibat gempa tersebut. Ditambahkan pula, BPBD masih melakukan pemantauan di daerahnya.

“Upaya kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana di daerah selatan Jawa harus ditingkatkan terus-menerus karena memang wilayah tersebut rawan gempa dan tsunami,” ujar dia.

Untuk itu, bagi warga mungkin perlu kehati-hatian terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    yang penting komen.. yoraa ?? Video Aneh
    hahahaa..