Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Gempa Berkekuatan 8,3 SR disusul Tsunami Guncang Chile

Gempa Berkekuatan 8,3 SR disusul Tsunami Guncang Chile

gempa-besar-di-chile

Hari Kamis (17/9) ini gempa dahysat berkekuatan 8,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah Chile. Bukan itu saja, gempa itu disusul dengan gelombang tsunami di sekitar wilayah pesisir tapi masih berskala kecil.

Susulan gempa sebanyak lima kali masih terjadi sesaat pasca gempa besar pertama yang melanda wilayah Chile tengah. Media lokal melaporkan kalau gelombang tsunami telah mencapai pantai Chile.

Tapi hingga kini belum ada laporan kerusakan berskala besar akibat gempa dan tsunami.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik telahmemperingatkan bahwa sejumlah daerah pesisir Chile dapat menyaksikan gelombang tsunami lebih dari tiga meter di atas permukaan air pasang.

Setelah peringatan tsunami dikeluarkan, banyak warga Chile berada di jalan di wilayah Valparaiso. Pihak berwenang pun juga telah mengeluarkan peringatan agar warga di sepanjang garis pantai untuk cepat mengungsi.

”Berdasarkan parameter gempa awal, gelombang tsunami berbahaya yang luas mungkin terjadi,” demikian bunyi pernyataan dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, seperti dilansir dari Russia Today.

Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, wilayah Chile dan Peru kemungkinan yang akan terkena dampak paling parah dari gempa dan tsunami.

Disamping itu, Ekuador juga diprediksi akan terkena gelombang tsunami setinggi satu meter. Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) semula diperkirakan kalau gempa pertama berkekuatan 7,9 SR di wilayah yang berjarak 55 kilometer sebelah barat laut dari Illapel, dan 232 kilometer dari sebelah barat laut Santiago. Pusat gempa sendiri berada di kedalaman 33 kilometer.

Kantor Darurat Nasional Chile (ONEMI) mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh pantai di negara itu. selian itu, ONEMI juga meminta orang-orang untuk tetap tenang dan pergi ke zona aman.

Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa dan cedera yang dilaporkan ONEMI.

Getaran gempa pun terasa di sejumlah daerah negara Brasil, seperti wilayah Sao Paulo, Santos, Campinas, Belem, Sao Luis dan Pouso Alegre. Pun hal yang sama juga dirasakan warga Argentina, khususnya di Kota Santa Fe, Mendoza dan Buenos Aires.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...