Home / Berita / Nasional / Gerhana Matahari Pernah Dijadikan Soeharto Untuk Uji Kekuasaannya

Gerhana Matahari Pernah Dijadikan Soeharto Untuk Uji Kekuasaannya

“Pelarangan waktu itu menjadi alat bagi Presiden Soeharto untuk menguji kepatuhan rakyat di Jawa terhadap perintah”.

Gerhana Matahari Pernah Dijadikan Soeharto Untuk Uji Kekuasaannya

Presiden kedua RI Soeharto rupanya pernah menggunakan Gerhana Matahari Total (GMT) pada 11 Juni 1983 yang berpuncak di Laut Jawa di utara Pulau Madura selama 5 menit 11 detik, untuk menguji tuah kekuasaannya.

Presiden yang berkuasa selama 32 tahun ini ingin melihat apakah perintahnya sebagai pemimpin dipatuhi atau tidak oleh bawahan dan rakyatnya. Hal ini dikemukakan astronom, Karlina Supeli seperti yang dilansir Kompas.

Saat perintah Soeharto itu disampaikan tahun 1983, Karlina bertugas di Planetarium Jakarta. Karlina mengingat pemerintah melarang masyarakat melihat langsung gerhana karena bisa menimbulkan kebutaan.

“Pelarangan waktu itu menjadi alat bagi Presiden Soeharto untuk menguji kepatuhan rakyat di Jawa terhadap perintah. Terbukti, rakyat memang tunduk dan patuh” ungkap Karlina.

Namun kini dengan perubahan di banyak bidang termasuk kemajuan teknologi dan keterbukaan masyarakat akan informasi, Gerhana Matahari Total yang akan jatuh pada 9 Maret 2016 disambut secara berbeda.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...