Home / Berita / Nasional / Gerhana Matahari Total Indonesia 2016, Waktu & Cara Melihatnya

Gerhana Matahari Total Indonesia 2016, Waktu & Cara Melihatnya

Gerhana Matahari Total di Indonesia terjadi pada hari Rabu, 9 Maret 2016.

Gerhana Matahari Total Indonesia 2016, Waktu & Cara Melihatnya

Pada hari Rabu 9 Maret 2016 penduduk di beberapa bagian Indonesia, pagi hari akan berubah menjadi malam saat gerhana matahari total. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan gerhana matahari?

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan melintas langsung di antara Bumi dan Matahari, menyebabkan bayangan jatuh menimpa Bumi. Ini hanya dapat terjadi pada fase bulan baru ketika sisi gelap bulan menghadap ke Bumi. Di mana dan kapan melihat gerhana Matahari Total?

Grafik yang dibuat oleh NASA menunjukkan di mana Anda dapat melihat pemandangan gerhana yang terbaik. Karena Bumi berputar, maka tempat terbaik untuk melihat gerhana adalah di sepanjang zona biru pusat (lihat gambar di bawah).

Gerhana Matahari Total Indonesia 2016 Waktu & Cara Melihatnya

Jika Anda cukup beruntung untuk berada di zona tersebut yang sebagian besar terbentang di Indonesia, maka Anda akan dapat menyaksikan matahari tertutup seluruhnya oleh bulan. Jika Anda berada jauh di sebelah utara atau selatan dari titik tersebut, Anda hanya akan dapat melihat gerhana sebagian.

Bagaimana cara menyaksikan gerhana? Jangan melihat langsung ke arah matahari. Meski begitu, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melihat matahari dengan aman. Anda harus memiliki kacamata khusus untuk melihat Gerhana Matahari Total 2016..

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...