Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Gerindra Mendukung Pembentukan Pansus Asap dan Menolak ditetapkan Bencana Nasional, Ini Alasannya

Gerindra Mendukung Pembentukan Pansus Asap dan Menolak ditetapkan Bencana Nasional, Ini Alasannya

gerindra3

Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR, Desmond J Mahesa mengungkapkan kalau fraksinya mendukung pembentukan Panitia Khusus Asap untuk mengatasi musibah kabut asap di beberapa wilayah di Indonesia.

“Kami dukung (pembentukan Pansus Asap) namun masalah itu ada persoalan mendasar,” ujarnya di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin (26/10).

Ditambahkan olehnya, bencana itu harus dilihat kebijakan yang menyebabkannya misalnya di era pemerintahan sebelumnya memberikan izin sebebas-bebasnya kepada perusahaan.

Desmond menegaskan, kalau bencana asap bukan semata-mata kejadian hari ini namun ada proses perizinan di masa lalu yang menyebabkan terjadinya bencana itu.

“Ketua MPR saat ini, dulu menjabat Menteri Kehutanan dan kalau bicara perijinan maka harus ada moral. Masa tidak memberikan pernyataan,” tuturnya.

Permasalahan kebakaran hutan, katanya, harus dilihat secara proporsional yaitu mana yang dibakar perusahaan dan yang dibakar masyarakat.

Menurut dia, di beberapa wilayah seperti di Kalimantan Selatan masih ada tradisi masyarakat berladang pindah-pindah.

“Pengalaman saya ketika masa kecil, lahan sebelum dibakar sudah dikanalisasi atau ada sekat-sekatnya. Kita tidak melakukan pembakaran di situ,” imbuhnya.

Desmond juga menuturkan kalau fraksinya tidak setuju dengan usulan beberapa pihak yang menginginkan musibah asap ditetapkan menjadi bencana nasional.

Menurut dia, apabila status itu diwujudkan maka perusahaan pelaku pembakaran hutan tidak akan mengeluarkan biaya.

“Kalau ditetapkan menjadi Bencana Nasional, maka pemerintah keenakan dan pengusaha pelaku pembakaran hutan tidak mengeluarkan biaya,” ungkapnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...