Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Gerry Bertekad Ungkap Kasus suap hakim PTUN Medan, tapi Minta Keringanan Hukuman

Gerry Bertekad Ungkap Kasus suap hakim PTUN Medan, tapi Minta Keringanan Hukuman

Yagari Bhastara atau Gerry diapit petugas KPK
Yagari Bhastara atau Gerry diapit petugas KPK

Jakarta –  Semua pihak yang terlibat dalam kasus suap hakim PTUN Medan pasti ketar ketir, sebab kasus ini akan semakin terang benderang  menyusul tekad M Yagari Bhastara alias Gerry yang akan membeberkan secara lengkap kronologis  kasus itu.  Selain  menyebut asal muasal uang suap, Gerry juga akan membeberkan para penghubung dan mediator dalam kasus tersebut.

Pengakuan Gerry ini terungkap dari surat yang dikirim kepada  ibunya tidak lama setelah ia resmi ditahan oleh KPK sebagai tersangka. Dengan sikapnya yang kooperatif itu, Gerry telah meminta kepada KPK agar ia dinyatakan berstatus  justice collaborator.

Keinginan Gerry ini diungkap oleh  pamannya, Haeruddin Masaro KPK. “ Dengan menjadi  justice collaborator, maka ia akan sangat diperlukan KPK untuk mengungkap kasus ini,” kata Haeruddin yang juga berprofesi sebagai pengacara. Sebagai paman yang mengetahui kondisi keluarga Gerry, Haeruddin yakin ponakannya tidak mungkin sebagai pemain tunggal dalam kasus suap itu.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Widyo Pramono mengatakan,  status justice collaborator diberikan kepada seorang pelaku tindak pidana tertentu, tetapi bukan pelaku utama. Biasanya justice collaborator mengakui perbuatannya dan bersedia menjadi saksi dalam proses peradilan.

Gerry sudah memenuhi syarat untuk menjadi justice collaborator jika ia menceritakan semua masalah dengan lengkap dan jelas. Kalau saja ia melakukan itu, maka KPK bisa saja merekomendasikan Gerry untuk mendapat hukuman ringan.

Namun, Widyo mengatakan, meski ada seorang terpidana yang berstatus justice collaborator, tapi ia tetap dimintai pertanggungjawaban atas pelanggaran hukum yang dilakukannya.  Status Justice collaborator akan menjadi pertimbangan hakim untuk memberikan keringanan hukum bagi yang bersangkutan.

Gerry siap menjadi justice collaborator karena ia merasa dituduh sebagai otak kasus penyuapan itu. Ia sendiri mengaku hanya menjalakan perintah dari atasannnya. Sementara uang berasal dari salah seorang pejabat tinggi di Pemprovsu.

Pengakuan awal Gerry inilah yag kemudian menyeret OC Kaligis sebagai tersangka baru dalam kasus suap tesebut.  Dan Rabu besok, giliran Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho yang akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta. ***

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...