Home / Berita / Nasional / Gunung Merapi ‘Meletus’, Bergemuruh Keluarkan Abu

Gunung Merapi ‘Meletus’, Bergemuruh Keluarkan Abu

Gunung Merapi

Pada pukul 13.03 – 13.27 WIB, Gunung Merapi yang terletak di wilayah Jateng – DIY, siang ini, Kamis, 27 Maret 2014, terdengar suara gemuruh. Gunung Merapi ‘batuk’ dan keluarkan abu.

Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jika pada pukul 13.14 WIB terjadi hembusan mengeluarkan abu. Hembusan karena adanya pelepasan gas. Demikian tulis JPNN.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB itu melanjutkan, saat terjadi hembusan kondisi puncak tertutup awan. Sebelumnya terjadi suara gemuruh. Masyarakat merasakan guncangan.

Namun kemudian, pada pukul 13.30 WIB kondisi sudah normal kembali. Terjadi hujan abu di sejumlah wilayah seperti Manisrenggo, Karangnongko (Klaten), Deles, Tegalmulyo, dan Tlogowatu.

“Status gunung Merapi tetap Normal Aktif (level I). Saat ini kondisi masyarakat normal. Masyarakat diimbau tetap tenang,” himbau Sutopo.

Sementara itu, Subandrio menyampaikan hal senada. Kondisi Gunung merapi masih dalam batas normal. Kepala BPPTKG itu menyebut jika belum ada peningkatan status gunung tersebut.

Warga yang tinggal tak jauh dari puncak gunung terus tingkatkan kewaspadaan. Sebab, tinggal di zona bahaya harus siap sewaktu-waktu bilamana terjadi bencana.

Abu tipis yang keluar tidak bisa dideteksi arah dan ketinggian. Sebab, puncak Merapi masih diselimuti awan.

“Kita tidak bisa pantau berapa ketinggian karena puncak Merapi tertutup mendung,” ucap Subandrio seperti dinukil dari Kompas.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...