Home / Berita / Nasional / Gunung Merbabu Kebakaran, Pendakian Ditutup!

Gunung Merbabu Kebakaran, Pendakian Ditutup!

Gunung Merbabu Kebakaran, Pendakian Ditutup!

Gunung Merbabu mengalami kebakaran. Menurut informasi dari petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menyatakan sampai Kamis 20 Agustus 2015 pukul 22.00 WIB, nyala api yang membakar kawasan sekitar puncak belum berhasil dipadamkan.

Kawasan Gunung Merbabu dilaporkan mulai terbakar setelah munculnya titik api pada Rabu sore 19 Agustus 2015 sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran tepatnya di Dusun Bentrokan Desa Wonolelo Kecamawan Sawangan Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Dalam keterangannya Koordinator Perlindungan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Kurnia Adi Wirawan telah bersama-sama warga memadamkan titik api itu dengan peralatan manual tanpa air. Peralatan yang digunakan antara lain sabit dan ranting agar tak menyebar.

Hanya saja Kurnia menambahkan jika titik apinya meluas ke sisi timur dan utara. Nyala api itu meluas antara lain ke timur mengarah Desa Selo Kabupaten Boyolali, juga ke utara di Desa Cunthel dan Thekelan Kabupaten Semarang.

Pemadaman menurut Kurnia susah dilakukan dengan air, karena berada di ketinggian mendekati puncak. Terlebih banyak api merembet pada tebing-tebing gunung sehingga menyulitkan tim bergerak lebih jauh.

Kurnia menambahkan sementara ini yang bisa dilakukan adalah memaksimalkan sumber daya yang ada, bersama warga sekitar mengepung agar api tak makin meluas lagi. Pihak Taman Nasional Merbabu menyatakan mulai Kamis 20 Agustus, empat rute jalur pendakian ke Merbabu ditutup sementara demi keamanan.

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...