Home / Berita / Nasional / Gunung Rinjani Diusulkan Untuk Menjadi Unesco Global Geopark, Ini Penjelasannya

Gunung Rinjani Diusulkan Untuk Menjadi Unesco Global Geopark, Ini Penjelasannya

rinjani

Gunung Rinjani yang merupakan destinasi wisata andalan Nusa Tenggara Barat diusulkan untuk menjadi Unesco Global Geopark (USG), yang sebelumnya disebut Global Geopark Network (GGN).

Menurut General Manager Geopark Rinjani, Chaerul Maksul bahwa dua asesor dari Unesco, yakni Mauricio Burlando dari Italia dan Soo Jae Lee dari Korea Selatan akan datang pada 18-20 Mei 2016 melakukan penilaian. Keduanya nanti akan didampingi peninjau Prof Ibrahim Koomoo dari Indonesia dan Dr Nurhayati dari Malaysia.

“Mereka ini akan melakukan kunjungan lapangan di daerah yang pernah terdapat letusan Gunung Rinjani,” paparnya.

Ditambahkan olehnya, dalam kunjungan selama tiga hari di Pulau Lombok, kedua asesor ini akan melihat sejumlah keanekaragaman yang di miliki Rinjani, mulai dari sisi geoligi, biologi dan budaya.

“Sistem penilaian sekarang berubah. Kalau tahun lalu di umumkan dan langsung diserahkan sertifikat, tetapi saat ini rekomendasi tim asesor ini akan dibacakan pada konvensi ketujuh di Inggris dan pengumumannya baru dilakukan pada 2017,” papar Chaerul.

Menurutnya, pengembangan Gunung Rinjani tak hanya terpaku pada GGN, tetapi berkelanjutan dan konservasi. Karena Gunung Rinjani sendiri merupakan jantung Pulau Lombok.

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...