Home / Berita / Nasional / Hakim Sidang Jessica Dilaporkan ke KY!

Hakim Sidang Jessica Dilaporkan ke KY!

“Hakim Binsar bertindak tidak adil memihak dan melanggar asas-asas praduga tidak bersalah” ungkap Hidayat Bostam, Kamis (11/8/2016).

Hakim Sidang Jessica Dilaporkan ke KY!

Rupanya tim kuasa hukum Jessica Wongso melaporkan hakim Binsar Gultom ke Komisi Yudisial (KY). Kubu Jessica menilai Binsar telah melanggar kode etik hakim. Pelanggaran yang dimaksud yaitu berbicara kasar dan menghina penasihat hukum saat mengadili Jessica.

“Hakim Binsar bertindak tidak adil memihak dan melanggar asas-asas praduga tidak bersalah dan diduga telah melakukan perbuatan yang melanggar kode etik hakim ketika mengadili perkara tersebut” kata perwakilan tim pengacara, Hidayat Bostam (11/8/2016).

Selain itu Binsar juga dinilai mengarahkan saksi-saksi, melanggar hukum acara dan menyatakan pendapatnya secara terbuka tentang fakta persidangan yang sedang berjalan. Dengan perilaku ini, Binsar dinilai dapat merugikan terdakwa.

“Harapan kita minta diganti” tambah Hidayat.

Laporan itu diterima oleh komisioner Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus di lantai 1 gedung KY. Tim pengacara diterima kurang lebih selama 30 menit dan berlansung terbuka. Tim Jessica yang melaporkan terdiri dari lima pengacara, tapi Otto Hasibuan tidak ikut.

“Kita akan pelajari berkasnya. Kasus yang menyangkut publik, KY sudah melakukan pemantauan tanpa diminta” ungkap Jaja Ahmad.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...