Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Hapus Aplikasi VPN di China, Bos Apple Disurati Pemerintah AS

Hapus Aplikasi VPN di China, Bos Apple Disurati Pemerintah AS


Jakarta – Belum lama ini pemerintah China membuat aturan hukum baru terkait hadirnya aplikasi VPN di semua toko aplikasi digital, tak ketinggalan di iTunes App. Tak mau membuat masalah, pihak Apple lantas menuruti aturan dengan menghapus semua aplikasi VPN di iTunes regional China.

Langkah Apple dalam menghapus aplikasi VPN dari iTunes mungkin mendapat apresiasi dari pemerintah China. Kebalikannya, Senator Amerika Serikat Senators Ted Cruz dan Patrick Leahy justru mengaku tidak senang dengan hal ini.

Keduanya lantas mengirimkan pesan untuk CEO Apple Tim Cook dan mempertanyakan perihal mengapa Apple menghapus aplikasi VPN. “VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses internet tak tersensor di China dan negara lain yang melarang kebebasan berinternet,” tulis pesan.

“Jika laporan ini benar, kami khawatir apabila Apple memungkinkan aktivitas sensor dan pengawasan yang dilakukan pemerintah China,” lanjut tulisan tersebut seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (22/10/2017).

Mendengar adanya teguran dari senator, Cook langsung bergerak dengan membuat surat balasan. Menurut Cook, tentu saja pihaknya tidak akan membuang aplikasi tersebut.

“Tapi seperti yang kami lakukan di negara lainnya, kamu mengikuti aturan di manapun kami berbisnis. Dan kami amat percaya bahwa partisipasi di pasar dan membawa benefit ke konsumen adalah ketertarikan terbaik dari masyarakat di sana dan negara lain. Jadi kami yakin dengan keterlibatan dengan pemerintah walaupun kami tidak setuju,” ungkap Cook. (mag/mag)


Source link

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta detikHot ...