Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Harapan Presiden Agar Merauke Bisa Jadi Lumbung Padi Dunia

Harapan Presiden Agar Merauke Bisa Jadi Lumbung Padi Dunia

padi merauke

Dalam kunjungan kerjanya pada hari Minggu (10/5), kegiatan Presiden RI Joko Widodo melakukan acara Panen Raya di Desa Wapeko, Kabupaten Merauke, Papua. Ada harapan Presiden kepada Kabupaten Merauke yang memiliki potensi lahan pertanian seluas 4,6 juta hektare.

Menurut Presiden Jokowi,”Lahan 4,6 juta hektare jika per tahunnya bisa tiga kali panen maka ini bukan lumbungnya Indonesia, tapi bisa menjadi ketergantungan dunia akan ada di Merauke ini.”
Dirinya mendapatkan laporan terkait potensi lahan pertanian di Merauke yang memiliki lahan datar seluas 4,6 juta hektare cocok dijadikan lahan pertanian.

Untuk itu, Presiden telah memerintahkan agar diindentifikasi dan hasilnya sekarang yang paling siap bisa dikerjakan 1,2 juta hektare.

Dari lahan seluas itu, 48 ribu hektare saat ini dikerjakan masyarakat dengan cara masih tradisional.

Mendengar hal ini, Presiden mengatakan, luas lahan tersebut nantinya akan dikerjakan secara modern.

“Harus pakai mesin, mungkin dikerjakan dengan tangan sampai kiamat pun nggak akan selesai. Mau enggak,” tanya Jokowi kepada para petani yang datang ke acara tersebut.

Sementara itu, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, dalam pidatonya menuturkan,”Rencana pengembangan pertanian secara modern ini akan menggunakan konsep plasma dan inti.”

Dengan konsep tersebut, lanjutnya, tanah tetap milik masyarakat, dimana bagi hasil 70:30.

“Perusahaan yang menggarap akan mendapatkan 70 persen dan pemilik lahan mendapatkan bagian 30 persen,”jelas Romanus.

Konsep yang ditawarkan kemudian ditanyakan Presiden ke para petani pemilik lahan.

“Kalau yang tidak mau tunjuk jari, supaya saya tidak salah memutuskan. Saya tanya rakyat dulu kalau nggak mau ngapain diputuskan,” ungkap Presiden.

Presiden berjanji jika masyarakat setuju, pemerintah akan memberikan anggaran untuk membangun infrastruktur penunjang, pembelian mesin, dan berbagai penunjang lainnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...