Home / Tekno / Harga BBM Naik, ITS Ciptakan Bus Listrik Hemat Biaya Operasional

Harga BBM Naik, ITS Ciptakan Bus Listrik Hemat Biaya Operasional

Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) menggebrak dengan inovasi bus litrik yang bisa menghemat biaya operasional hingga 40 persen. Rencananya, bus dengan panel surya sebagai pemanen energi ini sinar matahari ini akan dioperasikan di dalam lingkungan kampus per Januari 2015.

Rektor ITS Prof Dr Triyogi Yuwono mengatakan, bus listrik ITS bisa menghemat biaya operasional hingga 40% jika dibanding bus konvensional atau bus dengan bahan bakar minyak. Rencananya akan dipakai untuk kendaraan operasional kampus, bus tersebut membutuhkan waktu 8 – 10 jam guna mengisi penuh daya.

Miliki daya jelajah sejauh 160 kilometer, bus ini miliki sumber energi yakni sinar matahari yang dipanen melalui panel surya. Energi tersebut kemudian disimpan di dalam baterai. Listri dari baterai menyuplai 20% total kebutuhan tenaga listrik bus. Sisanya, ata Ketua Tim Pengembangan Mobil Listrik ITS Muhammad Nur Yuniarto, masih bergantung pada listrik PLN.

Ditambahkannya, kapasitas panel solar yang terpasang di bus sebesar dua kWh dengan maksimal kapasitas total 20 kWh. Bus listrik PLN ini dikerjakan selama dua bulan penuh yang terdiri dari tim yakni lima dosen, tujuh mekanik, dan 40 mahasiswa.

“Ada yang dari teknik elektro, fisika, dan mesin,” imbuhnya.

Bus tersebut mampu mengangkut 26 penumpang dengan rincian 17 berdiri dan sembilan orang duduk. Bus ini miliki ukuran 6 x 2,1 meter dan miliki bobot tanpa penumpang 3mpat ton dan bobot maksimal mampu mengangkut beban 6 – 7 ton.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...