Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Artikel / Harga minyak Dunia Terus Turun, ESDM Akui Pemerintah Tidak Dapat Untung Jual Minyak Mentah

Harga minyak Dunia Terus Turun, ESDM Akui Pemerintah Tidak Dapat Untung Jual Minyak Mentah

ilustrasi minyak

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan bahwa penurunan harga minyak dunia sampai di bawah USD 30 per barel tidak hanya mempengaruhi harga minyak di sektor hilir, tetapi juga mempengaruhi harga di sektor hulu. Penurunan harga minyak dunia ini membuat pemerintah tak mendapatkan keuntungan dari penjualan minyak mentah.

Oleh karena itu, pemerintah berharap agar harga minyak dunia bisa kembali naik, mengingat antara biaya produksi dengan keuntungan yang diambil saat ini hanya berbanding tipis.

“Perkiraan dari kondisi sekarang bisa USD 35 per barel. Tapi harapan kita yang mewakili kegiatan operasi di hulu migas bisa diatas USD 50 per barel agar bisa nyaman untuk kegiatan hulu,” tutur Direktur Pembinaan Program Migas Ditjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Agus Cahyano Adi dalam diskusi Energi Kita, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (14/2).

Pada 2014, papar Agus, usaha di sektor hulu migas bisa mendapat keuntungan hingga USD 100 per barel. Namun dengan adanya penurunan harga minyak dunia, usaha hulu migas hanya mendapat keuntungan sebesar USD 30 per barel.

“Sementara biaya produksi investasi sudah dilakukan beberapa tahun. Ada biaya pengembangan. Sekarang sedang dilakukan efisiensi super ketat,” imbuhnya.

Walau demikian, Agus bersyukur sebab sektor hulu migas tidak akan mengalami kolaps.

“Ini bedanya industri migas. Kalau produk kan kontrak jangka panjang pakai angka. Kalau minyak tidak, kontrak jangka panjang dikaitkan dengan harga publikasi. Misal menggunakan brand itu yang berfluktuasi,” terangnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...