Home / Berita / Nasional / Harga Sembako Menggeliat Jelang Kenaikan Harga BBM

Harga Sembako Menggeliat Jelang Kenaikan Harga BBM

Harga Sembako Menggeliat Jelang Kenaikan Harga BBM
Ilustrasi (korankepri.co)

Harga Sembako Menggeliat Jelang Kenaikan Harga BBM – Sudah menjadi kebiasaan jika harga BBM diperkirakan akan naik, maka harga kebutuhan pokok pun akan menggeliat ikut naik. Di beberapa wilayah bahkan kenaikan harga sembako nyaris menyentuh 10% sampi 20%, dan tentu saja ini membuat masyarakat mulai gelisah. Menurut pantauan wartawan, di beberapa wilayah di Indonesia, rencana kenaikan harga BBM ini berpengaruh sangat besar kepada kenaikan harga sembako di pasaran.

Menurut pantuan wartawan Suara Merdeka di pasar Plampitan Semarang Kamis dini hari (20/06/2013), harga gula pasir mulai naik dari Rp.515.000,00 per 50kg menjadi Rp 230.000 per 50 kg. Harga beras juka ikut naik meski hanya Rp.100 sampai Rp.200 pe Kg namun harga ini diperkirakan akan menggeliat lebih naik lagi beberapa hari kedepan.

Kondisi kenaikan harga sembako jelang kenaikan harga BBM ini juga diamini oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Sri Agustina. Sri mengakui bahwa harga sembako memang naik namun belum signifikan dan harusnya tak membuat masyarakat cemas. Saat melakukan konferensi pers di kantornya Rabu kemarin, Sri mengakui kenaikan harga sembako tapi tidak signifikan dan masih dalam kondisi yang wajar. “Harga bahan pokok cenderung naik, tapi secara nasional tidak signifikan,” kata Sri.

Namun Sri juga menambahkan bahwa beberapa komoditi harganya malah cenderung turun jelang kenaikan harga BBM ini. Komodit yang harganya turun 0-3% ini ungkap Sri, seperti cabai merah keriting, cabai merah biasa, cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih. Meski begitu, Sri juga tak menampik harga komoditi dan sembako tersebut bisa saja naik drastis apalagi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri seperti saat ini.

Isu mengeliatnya harga sembako jelang kenaikan harga BBM ini ternyata juga mendapat perhatian serius dari ketua DPR RI, Marzuki Alie. Marzuki mengungkapkan pemerintah harusnya bertanggung jawab dan segera ikut campur mengatasi harga sembako yang mendadak cenderung naik terkena imbas rencana keanikan harga BBM.

Melalui siaran pers yang dilakukan Rabu (19/06/2013) Marzuki meminta agar pemerintah segera bertindak sebelum harga sembako ini menggeliat gila-gilaan natinya. “Saya harap ada sikap pemerintah terhadap mereka, paling tidak memanggil mereka dan meminta untuk tidak melulu memikirkan keuntungan apalagi jika itu dilakukan diatas penderitaan masyarakat,” ujar Marzuki.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...