Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Hari Ini Presiden Jokowi Akan Resmikan Program 35 Ribu MW

Hari Ini Presiden Jokowi Akan Resmikan Program 35 Ribu MW

pln-listrik-03

Presiden RI direncanakan hari Senin (4/5) ini akan meresmikan “Program 35 Ribu Megawatt Untuk Indonesia”. Acara dipusatkan di Kawasan Pantai Samas, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Menurut Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said,”Program 35 ribu MW ini untuk Indonesia lima tahun ke depan.”

Dituturkan pula bahwa kalau Indonesia saat ini masih membutuhkan tambahan listrik sekitar 35 ribu megawatt. Kebutuhan tersebut diluar proyek pembangkit existing sekitar 7 ribu MW yang saat ini sedang dibangun.

Dari data, menurut menteri, kebutuhan listrik hingga tahun 2019 diprediksi mencapai 8,7 persen setiap tahun. Sementara sekarang baru sekitar 84 persen rumah tangga di Indonesia yang terjangkau listrik.

Proyek 35 ribu MW sendiri telah tertuang di Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2015-2019 yang telah disahkan dengan keputusan Menteri ESDM.

Di RUPTL, dari 35 ribu MW tersedia sekitar 109 proyek yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana pihak PLN akan menangani langsung 10 ribu MW dengan jumlah proyek 35. Sedangkan sisanya sekitar 25 ribu MW dengan proyek 74, akan melibatkan pihak swasta.

Sementara total kebutuhan pendanaan untuk pembangunan pembangkit listrik selama kurun waktu 2015-2019 sekitar Rp 1.127 triliun, dengan rincian Rp 512 triliun diantaranya dari PLN, sisanya Rp 615 triliun dari swasta dalam skema Independent Power Producer (IPP).

Presiden Jokowi sendiri beberapa waktu lalu menegaskan bahwa dalam lima tahun ke depan target 35 Ribu MW harus dapat dicapai. Menurutnya, target yang diberikan kepada PLN memang bukan target ringan. Tapi dengan bekerja keras, pasti akan bisa dicapai.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...