Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Hari Pancasila, Akan diluncurkan program ‘Ini Baru Indonesia’

Hari Pancasila, Akan diluncurkan program ‘Ini Baru Indonesia’

Ini Baru Indonesia

Hari Senin (1/6) ini merupakan hari istimewa buat bangsa Indonesia. Sebab hari ini bertepatan dengan hari Lahirnya Pancasila. Untuk memperingatinya, pemerintah melakukan acara di Alun-alun Kota Blitar, Jawa Timur.

Rencananya upacara peringatan Lahirnya Pancasila akan menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Jawa.

Panitia telah menyiapkan serangkaian acara, diawali dengan karawitan. Kemudian dilanjutkan dengan peragaan pembawa gunungan lima masuk bersama dengan komandan upacara ke lapangan.

Selain melantunkan lagu Indonesia Raya, salah satu Wakil Ketua MPR pun akan membacakan teks pancasila.

Setelah itu, Walikota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar dijadwalkan akan memberikan sambutan selamat datang kepada sejumlah pihak seperti Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan hadir. Tak ketinggalan perwakilan dari keluarga Presiden pertama Soekarno juga akan memberikan sambutan.

Sebelum sambutan Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Presiden Jokowi, akan dilakukan acara ‘Goro-Goro’.

Puncak acaranya sendiri adalah peluncuran program peluncuran ‘Ini Baru Indonesia’. Direncanakan Presiden, Ketua MPR, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Boediono, serta para Wakil Ketua MPR, dan pimpinan lembaga negara menulis pesan terkait gerakan ‘Ini Baru Indonesia’.

Program gerakan ‘Ini Baru Indonesia” adalah salah satu program yang dicanangkan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Program ini intinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Gerakan ini muncul karena faktanya masih banyak masyarakat tidak mengetahui Pancasila, UUD RI Tahun 1945, NKRI, Pancasila bahkan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Ketua MPR Zulkifli Hasan,“Gerakan ini mengajak seleruh elemen bangsa kembali kepada jati diri Indonesia seutuhnya lewat gerakan yang dicetuskan oleh MPR RI yaitu “Ini Baru Indonesia.”

Sudah saatnya bangsa ini, lanjut Zulkifli, kembali menjadi bangsa Indonesia sejati seperti yang diwariskan oleh nenek moyang dan pendiri bangsa, yaitu menjunjung tinggi toleransi, menggunakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah dan saling tolong menolong.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...