Home / Berita / Dunia / Hassan Rowhani Resmi Terpilih Menjadi Presiden Iran

Hassan Rowhani Resmi Terpilih Menjadi Presiden Iran

Hasan Rowhani Resmi Terpilih Menjadi Presiden Iran
Hasan Rowhani (viva.co.id)

Pemerintah Iran resmi umumkan presiden baru mereka adalah Hassan Rowhani yang akan menggantikan masa kepemimpinan Mahmoud Ahmadinejad pada Senin (17/06/2013) waktu setempat. Hassan Rowhani terpilih menjadi presiden setelah mengalahkan para pesaing-pesaingnya seperti walikota Iran Mohammad Baqar Qalibaf yang harus puas duduk di posisi kedua perolehan suara pemilihan presiden Iran. Hassan Rowhani resmi terpilih menjadi presiden setelah berhasil mengantogi 72% suara dari 50 juta rakyat Iran yang melakukan pemilih suara pada Jumat 14 Juni 2013 lalu. Sementara itu pesaing ketat Hasan Rowhani, walikota Iran Mohammad Baqar Qalibaf berada di posisi kedua dengan 6,077 juta suara atau 16,56 % saja. Kemenangan Hassan Rowhani ini seolah menjadi titik balik berkuasanya kaum konservatif moderat. Sebagimana yang kita tahu bahwa Hasan Rowhani sudah sangat lama bersebrangan dengan presiden Iran sebelumnya, Mahmoud Ahmadinejad.

Nama Hassan Rowhani sudah lama digadang-gadang menjadi pengganti Ahmadinejad. Tokoh konservatif moderat ini memiliki dukungan yang cukup kuat terutama dari mantan Presiden Iran Akbar Hashemi Rafsanjani. Hasan Rowhani sendiri terkenal sebagai tokoh yang dekat dengan kaum reformis Iran. Sebagai satu-satunya kadindat dari golongan ulama, Hassan Rowhani ternyata sudah dekat dengan dunia pemerintahan sejak dari muda. Seblumnya pria berusia 64 tahun ini diketahui sebagai anggota dari Dewan Penegasan Republik Islam Iran dan  Dewan Keamanan Nasional Agung. Selama ini Hassan Rowhani juga dikeahui sangat bersebrangan dengan Ahmadinejad, terutama terkait keputusan-keputusan nuklir Iran yang telah lama menjadi polemik dinegara ini. Salah satu kebijakan yang akan djalankan oleh Hasan Rowhani adalah penghapusan sanksi internasional terkait nuklir di negara ini. Hassan Rowhani juga menjanjikan bahwa nuklir hanya akan digunakan untuk keperluan listrik dan aplikasi medis semata. Sikap Rowhani yang dinilai sedikit melunak ini akan menjadi celah bagi Iran yang telah lama berupaya menghapus sanksi dan embargo barat terhadap negaranya.

Namun sebagian pihak menilai bahwa kemangan Hasan Rowhani dalam pemilu Iran ini bukan mutlak karena simpati terhadap dirinya. Nama mantan Presiden Akbar Hashemi Rafsanjani tak bisa dilepaskan begitu saja sebagai faktor penentu kemenangan Hassan Rowhani. Banyak pengamat politik yang mengatakan bahwa rakyat Iran menganggap Hassan Rowhani adalah penjelmaan Rafsanjani. Jadi dengan memilih Hassan Rowhani mereka mengharapkan figur pemimpin seprti Akbar Hashemi Rafsanjani lagi.

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta detikHot ...