Home / Berita / Ibu Kota / Hasil Hak Angket DPRD DKI, Ahok Langgar UU & Etika

Hasil Hak Angket DPRD DKI, Ahok Langgar UU & Etika

Muncul Dana Siluman Anggaran Buku Trilogi Senilai Rp30Miliar, Ahok Merasa Difitnah

Hasil Hak Angket DPRD DKI, Ahok Langgar UU & Etika. Setelah diberlakukan hak angket kepada Gubernur Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, lantas bagaimana hasilnya? Berdasarkan laporan yang diterima Pimpinan DPRD DKI Jakarta, panitia hak angket menyatakan terjadi pelanggaran undang-undang dan etika yang dilakukan Ahok.

Pelanggaran yang dilakukan terkait penyerahan draf rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) ke Kemendagri yang diduga bukan hasil pembahasan dengan DPRD. Selain itu pelanggaran atas etika Ahok yang dianggap tak sesuai dalam kapasitasnya sebagai seorang kepala daerah.

Menurut kajian sementara, ada pelanggaran yang dilakukan Gubernur. Itu berdasarkan masukan dari para pakar. Pelanggarannya ada dua, undang-undang dan etika” ungkap Wakil Ketua DPRD, Mohamad Taufik (Senin, 30/3/2015).

Taufik menyatakan hasil angket akan diumumkan secara resmi pada sidang paripurna yang kemungkinan besar akan dilaksanakan para pekan ini. Pada kesempatan itu lanjut Taufik, keberlanjutan hak angket juga akan diputuskan.

Lanjut ke HMP (hak menyatakan pendapat) atau tidak. Nanti diputuskan saat rapat paripurna” tambahnya seperti yang dilansir Kompas.

Dokumen laporan dari panitia hak angket kepada pimpinan DPRD diserahkan pada Senin siang. Laporan diserahkan langsung oleh ketua panitia hak angket, Muhammad Sangaji melalui sebuah rapat tertutup.

Para pimpinan DPRD yang hadir adalah empat wakil ketua minus ketua. Keempatnya adalah Taufik, Triwisaksana, Abraham Lunggana, dan Ferrial Sofyan. Sementara itu, Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi tak tampak.

Ketua lagi sakit. Katanya lagi enggak enak badan” pungkas Taufik.

Baca Juga

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi Prabowo

“Jadi kenapa yang dipermasalahkan demonstran?” kata Prabowo, Selasa (1/11/2016). Prabowo Subianto memberikan komentar terkait rencana aksi ...