Home / Bola / Hasil Liga Inggris: Rekor Jose Mourinho pun jebol

Hasil Liga Inggris: Rekor Jose Mourinho pun jebol

Jose Mourinho, ya Anda tahu kan bagaimana rekor sang pelatih Chelsea itu selama membesut timnya di Premier League. Dalam 78 pertandingan di bawah besutan Jose Mourinho, Chelsea tidak pernah kalah ketika main di kandang sendiri, Stadion Stamford Bridge. Namun rekor ini akhirnya jebol ketika pada pertandingan Sabtu 19 April 2014 waktu Inggris, Chelsea bertekuk lutut di kaki Sunderland.

Jose Mourinho
Jose Mourinho

Yup… Chelsea secara mengejutkan takluk 1-2 dari Sunderland pada laga lanjutan Premier League di Stadion Stamford Bridge, London itu. Hasil ini tjuga mengancam asa Chelsea menjuarai Premier League. Chelsea tetap berada di peringkat kedua dengan merangkum 75 poin dari 35 pertandingan yang dilakoninya. John Terry dan kawan-kawan kalah dua poin dari Liverpool di puncak klasemen yang baru melakoni 34 pertandingan..

Manchester City pun menjadi ancaman bagi Chelsea. City yang masih menyisakan lima pertandingan berada di peringkat ketiga dengan merangkum 71 poin. Dengan demikian, Chelsea wajib memenangkan tiga pertandingan tersisa, seraya berharap Liverpool dan City terpeleset.

Sementara itu, Sunderland tetap berada di dasar klasemen dengan meraih 29 poin. Kemenangan ini melanjutkan tren posisif Sunderland yang pada pekan lalu sukses menahan imbang Manchester City dengan skor 2-2.

Di depan pendukungnya sendiri, Chelsea unggul terlebih dulu berkat gol Samuel Eto’o pada menit ke-12. Penyerang asal Kamerun tersebut mencetak gol setelah memanfaatkan sepak pojok Willian.

Keunggulan London Biru hanya bertahan selama enam menit. Kiper Chelsea, Mark Schwarzer, takluk oleh Connor Wickham. Gol berawal dari sepakan keras Marcos Alonso dari luar kotak penalti yang ditepis Schwarzer. Wickham menyambut bola liar tersebut dengan sepakan keras dan gol.

Kebobolan, Chelsea berusaha mencari peluang untuk kembali mencetak gol. Oscar nyaris mencetak gol melalui tendangan bebas seandainya kiper Vito Mannone tak sigap menangkap bola hasil tembakan gelandang muda asal Brasil tersebut.

John Terry dan kawan-kawan kembali gigit jari oleh ketangguhan Mannone. Kiper asal Italia itu melakukan penyelamatan gemilang dengan menangkap bola hasil tandukan Branislav Ivanovic, setelah bola terlebih dulu membentur mistar.

Chelsea pun kembali dibuat frustrasi oleh Mannone. Kali ini, Mannone dua kali berturut-turut berhasil menepis bola hasil tembakan Eto’o dan Willian pada menit ke-42.

The Blues terlihat semakin penasaran. Namun, usaha mereka untuk mencetak gol tak membuahkan hasil hingga turun minum.

Manajer Chelsea, Jose Mourinho, mengubah taktiknya pada babak kedua. Manajer berkebangsaan Portugal tersebut menambah daya gedor pasukannya dengan memasukkan Demba Ba untuk menggantikan Oscar.

Ba nyaris mencetak gol pada menit ke-64. Di dalam kotak penalti, ia memberikan bola kepada Willian. Willian mengembalikan bola kepada Ba yang berdiri bebas. Sayang, Ba terburu-buru melepaskan tembakan sehingga bola gagal mengenai sasaran.

Masih belum puas terhadap permainan anak asuhnya, Mourinho memasukkan Schuerrle dan Fernando Torres. Namun, Mourinho harus melihat kenyataan pahit karena timnya dijatuhi hukuman penalti pada menit ke-81.

Wasit Michael Dean langsung menunjuk titip putih setelah Azpilicueta dinilai melanggar Altidore di kotak terlarang. Fabio Borini yang maju sebagai algojo sukses menyerang bola ke sisi kanan gawang Chelsea.

Chelsea langsung meningkatkan serangannya untuk mencetak gol balasan. Sebuah tembakan keras Schuerrle dari luar kotak penalti nyaris berbuah gol tetapi Mannone kembali melakukan penyelamatan gemilang. Chelsea terus menggempur pertahanan lawan. Apa daya, usaha mereka untuk selamat dari kekalahan tak membuahkan hasil.
 
Susunan Pemain
Chelsea: 23-Mark Schwarzer; 2-Branislav Ivanovic, 24-Gary Cahill, 26-John Terry, 28-Cesar Azpilicueta; 7-Ramires, 21-Nemanja Matic; 15-Mohamed Salah (Andre Schuerrle 66), 11-Oscar (Demba Ba 59), 22-Willian; 29-Samuel Eto’o (Torres 73)
Manajer: Jose Mourinho

Sunderland: 25-Vito Mannone; 27-Santiago Vergini, 16-John O’Shea, 5-Wes Brown, 28-Marcos Alonso; 33-Lee Caterrmole; 11-Adam Johnson (Emanuele Giaccherini 66), 7-Sebastian Larsson, 14-Jack Colbak, 31-Fabio Borini; 10-Conor Wickham (Jozy Altidore 66)
Manajer: Gustavo Poyet

Wasit: Michael Dean

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...