Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Hasil Pemeriksaan Gerry yang Membuat OC Kaligis Terpojok

Hasil Pemeriksaan Gerry yang Membuat OC Kaligis Terpojok

OC Kaligis
OC Kaligis

Jakarta – Kasus suap tiga hakim PTUN Medan  berbuntut panjang. Setelah menahan empat tersangka – masing-masing tiga hakim PTUN Medan, seorang painter dan seorang pengacara  — KPK kembali  menambah daftar tersangka. Nama baru adalah pengacara kondang Otto Cornelius Kaligis atau yang popular disapa OC Kaligis.

“Benar, bahwa Beliau sudah dinyataan sebagai tersangka,” ujar Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi. Sampai malam ini OC masih diperiksa di Gedung KPK untuk pengusutan lebih lanjut. Sampai malam ini OC masih diperiksa di Gedung KPK untuk pengusutan lebih lanjut.

OC terseret kasus tersebut berkat ‘nyanyian’ yang disuarakan anak buahnya M. Yagari Bhastara alias Gerry, pengacara yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan di Medan, Kamis 9 Juli. Gerry yang membuat pengakuan kalau scenario penyerahan uang kepada tiga hakim PTUN Medan, masing-masing Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro,   dua hakim anggota Amir Fauzi dan hakim Dermawan Ginting serta  Panitera Sekretaris PTUN Medan  Syamsir Yusfan.

Uang itu adalah imbal jasa atas putusan PTUN Medan yang memenangkan gugatan  Kepala Biro Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara  Ahmad Fuad Lubis terhadap Kejaksaan tinggi Sumatera Utara.   Fuad Lubis rencananya akan diperiksa Kejaksaan Sumut terkait dugaan manipulasi dana Bantuan Sosial di Kantor Gubernur Sumut. Pemeriksaan Fuad telah terjadwal sebagaimana tertuang dalam Surat perintah Penyelidikan (Sprindik) yang diterbitkan kejaksaan tinggi Sumut.

Keberadaan Sprindik ini yang digugat Fuad ke PTUN, dengan alasan Kejaksaan telah melampau kewenangannya.  Ia menggunakan jasa Firma Hukum OC kaligis and Associates dari Jakarta. Ada enam pengacara yang terdaftar sebagai tim kuasa hukum Fuad, selain nama M. Yagari Bhastara alias Gerry,   nama OC Kaligis juga tercantum di dalamnya.

Gubernut Sumut Gatot Pujo Nugroho dan Istri Keduanya Evy Susanti
Gubernut Sumut Gatot Pujo Nugroho dan Istri Keduanya Evy Susanti

Dalam putusannya, pengadilan yang dipimpin langsung oleh Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro dan dua rekannya Amir Fauzi dan Dermawan Ginting mengabulkan gugatan Fuad.  Majelis menyatakan kejaksaan Tinggi Sumut telah melampau kewenangannya dalam memeriksa Fuad.

Tidak disangka empat hari setelah putusan itu, Gerry dalam ke Medan untuk menyerahkan uang kepada Tim hakim yang memenangkan gugatan kliennya.  KPK yang menyadap perbincangan mereka sejak beberapa hari sebelumnya akhirnya berhasil melakukan operasi tangkap tangan bersama sejumlah barang bukti uang dolar Amerika dan Singapura.

Dalam pemeriksaan lanjutan di Kantor KPK Jakarta, Gerry dan para hakim yang ditangkap mulai buka suara. Di sinilah nama OC Kaligis mencuat karena dianggap sebagai pemberi komando kepada Gerry. Selasa malam ini OC Kaligus telah resmi dinyatakan sebagai tersangka.  Belum bisa dipastikan apakah ia langsung ditahan atau tidak.

Selain OC, ada tiga nama lain yang dibidik KPK, yaitu Ahmad Fuas Lubis, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan istri keduanya Evy Susanti.

Dari Medan dikabarkan, Fuad dan Gubernur Gatot selama dua hari ini tidak menampakkan diri di kantor Gubernur Sumut.  Keduanya dipastikan akan menyusul dipanggil KPK usai lebaran nanti. ***

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...