Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Hasil Sidang Isbat Minggu 5 Juni, Tentukan Awal Puasa Ramadhan 2016

Hasil Sidang Isbat Minggu 5 Juni, Tentukan Awal Puasa Ramadhan 2016

Hasil Sidang Isbat hari Minggu 5 Juni 2016 akan menentukan kapan awal Puasa Ramadhan.

Hasil Sidang Isbat Minggu 5 Juni 2016, Tentukan Awal Puasa Ramadhan

Sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan, sedianya akan digelar Minggu (5/6) pukul 17.00 WIB. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sidang isbat tahun ini juga akan digelar tertutup. Sidang itu akan digelar di Gedung Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

Sidang diawali dengan pemaparan hasil penglihatan posisi hilal dari seluruh wilayah Indonesia dan seluruh dunia. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin kelak mendengarkan laporan dari sejumlah petugas Kemenag yang ditugaskan di titik-titik tertentu yang melihat hilal.

“Dari situ lalu baru lah para peserta sidang isbat memusyawarahkan dan pada akhirnya memutuskan kapan satu Ramadhan” ungkap Lukman Hakim Saifuddin.

Lukman menjelaskan sidang isbat akan dihadiri oleh para ulama, para kiai, perwakilan ormas-ormas Islam dan perwakilan negara-negara sahabat, juga akademisi, para ahli ilmu falaq, astronomi dan lainnya. Ada lebih 30 titik tempat yang akan melihat hilal baik di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Menurut perhitungan hisab, Lukman memaparkan satu Ramadan jatuh pada Senin (6/6/2016) besok. Namun pemerintah selalu memiliki tradisi bahwa hasil perhitungan hisab harus dikonfirmasi kembali melalui rukyat melihat hilal.

“Supaya kedua metode ini kita lakukan bersama-sama untuk saling melengkapi dan menyempurnakan” pungkasnya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...