Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Hari Kamis

Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Hari Kamis

sidang isbat 3

Sidang penetapan atau isbat penentuan awal Ramadhan akhirnya memutuskan kalau awal puasa bulan Ramadhan 1436 Hijriah/2015 Masehi jatuh pada hari Kamis (18/6).

Sidang diikuti Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin beserta perwakilan puluhan organisasi masyarakat berbasis massa Islam dan juga pakar astronomi.

“Maka 1 Ramadhan baru akan jatuh pada esok lusa yaitu Kamis 18 Juni 2015,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim di kantornya, Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (16/6).

Menag mengungkapkan bahwa terdapat beberapa pertimbangan dalam penetapan awal Ramadhan. Salah satunya bulan atau hilal terbenam lebih dulu dari matahari.

Selain itu, tidak ada satupun bukti astronomi yang menyatakan hilal bisa dilihat pada Selasa petang sehingga bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari dan bulan Ramadhan datang bukan pada Rabu (17/6).

Sementara itu Anggota tim Hisab Rukyat Kementerian Agama utusan Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Cecep Nurwendaya, menuturkan hilal tidak mungkin terlihat pada Selasa petang merujuk pada kajian ilmu falak atau astronomi.

“Berdasarkan perhitungan ilmu falak bahwa bulan mustahil terlihat,” kata Cecep.

Berdasarkan kajian ilmu falak, kata dia, bulan sudah terbenam terlebih dahulu sebelum matahari. Sehingga hari ini hilal tidak mungkin terlihat.

Menurut dia, jika ada yang melihat bulan pada Selasa petang maka dipastikan bukan hilal.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...