Home / Berita / Nasional / Hasil Sidang Isbat Timbulkan Keraguan Bagi Masyarakat

Hasil Sidang Isbat Timbulkan Keraguan Bagi Masyarakat

Ilustrasi
Ilustrasi

Aktual Post – Sidang isbat yang digelar oleh kementerian agama baru saja selai digelar, hasil yang didapat adalah awal puasa yang ditetapkan per-tanggal 10 juli 2013. Ini berarti, awal puasa antara Muhammadiyah dengan yang ditetapkan oleh pemerintah menjadi berbeda.

Pasalnya, Muhammadiyah sendiri telah lebih dulu menetapkan awal puasa pada tanggal 9 juli 2013. Sedangkan pemerintah melalui hasil sidang yang diselenggarakan oleh kementerian agama menetapkan, kalau awal puasa jatuh pada 10 juli 2013.

Memang hanya selisih satu hari, namun hal tersebut cukup untuk membuat masyarakat ragu. Pasalnya mereka kebingunan hendak mengikuti awal puasa yang mana, yang ditetapkan oleh pmerintah atau yang ditetapkan Muhammadiyah.

Sampai saat ini, masih banyak masyarkat yang juga mempercayai metode pengukuran Muhammadiyah, sehingga ketika hasilnya berbeda dengan milik pemerintah masyarakat menjadi bingung untuk kapan mulai berpuasa.

Meski terkesan spele, namun ini menjadi masalah yang serius bagi masyarakat umat muslim. Pasalnya mereka sulit untuk menentukan kapan untuk mulai berpuasa, disamping itu agama juga melarang seseorang beribadah dalam keadaan ragu.

Seperti yang tertulis dalam ayat al quran, seorang umat muslim harus kembali mengambil uduk, tak kala dirinya tidak yakin sudah atau belum mengambil uduk.

Pada intinya, tidak ada satu ibadah yang akan memberikan hasil yang baik bila didasari dengan ragu. Karenanya, bila anda masih ragu untuk berpuasa pada tanggal 9 juli 2013, lebih baik anda mulai berpuasa sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...