Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Hati-Hati, Pancuran Mandi Menjadi Sarang Bakteri

Hati-Hati, Pancuran Mandi Menjadi Sarang Bakteri

mandi

Mandi dengan menggunakan pancuran memang akan menghemat penggunaan air. Namun, belum tentu memakai pancuran jauh lebih higienis. Pasalnya, pancuran mandi dimungkinkan menjadi sarang dari bakteri merugikan. Peluang menjadi rumah bakteri lebih besar tatkala alat mandi tersebut tidak pernah dibersihkan.

Dikutip dari laman Care2, berbagai bakteri meyukai kepala pancuran sebagai temat hinggapnya. Kala jumlah semakin banyak maka akan membentuk biofilm. Ini adalah sebutan untuk sekelompok mikroorganisme “berlendir”.  Bayangkan jika sebagian bakteri ini jatuh ke kepala Anda dan menuju bagian tubuh lainnya. Menjijikkan bukan?

Masalah kesehatan dimungkinkan terjadi pada saat kekebalan tubuh sedang lemah. Pada kondisi demikian, memungkinkan orang yang memakai pancuran akan terinfeksi. Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Boulder di Colorado menyatakan, hampir dari sepertiga bagian shower atau pancuran dipenuhi bakteri yang berpotensi membahayakan tubuh.

Pada bakteri yang menyebabkan penyakit paru, misalnya, suka menempati lingkungan yang hangat, gelap, dan basah. Kondisi pancuran mandi serupa dengan kriteria tersebut. Nama bakteri ini adalah Mycobackterium avium.

Namun, Anda tidak perlu takut dengan keberadaan mereka. Selama bakteri masih dikendalikan, potensinya untuk menyebabkan sakit juga kecil. Setidaknya ada dua cara untuk mengatasi bateri di kepala pancuran:

  1. Selalu bersihkan pancuran mulai dari kepala sampai selangnya. Caranya, ambil 1 cangkir cuka putih dan ½ cangkir baking soda. Gunakan untuk membubuhi ke dalam kepala pancuran hingga ke dalamnya, dan biarkan kurang lebih satu jam sebelum menyalakan air untuk membilasnya. Selain itu, tusuk lobang-lobang kepala pancuran untuk menghilangkan endapan mineral.
  2. Jika kepala pancuran mandi sudah cukup tua, sebaiknya ganti dengan yang baru. Dimungkinkan pancuran lama juga mengalami korosi yang kurang baik untuk kesehatan.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...