Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Hati-Hati Pilih Apel ! Warna Dan Kilapnya Bisa Berbahaya !

Hati-Hati Pilih Apel ! Warna Dan Kilapnya Bisa Berbahaya !

Bagi penggemar buah-buahan pastilah akan memilih buah yang segar, bersih dan tidak bercacat bahkan kita cenderung memilih buah yang warnanya berkilat karena buah itu seperti masih segar.Terutama buah apel, pastilah kita akan memilih warna yang berkilap, warna kemerahan dan tidak ada cacat sedikitpun.

Namun tahukah anda bahwa apel yang dianggap sempurna dan tidak cacat ini lebih berbahaya daripada yang sedikit cacat dan tak berkilap.

Mengutip Pop Sugar, apel-apel ini berkilap karena ditambah dengan bahan yang tidak alami, mungkin sudah ada yang mengetahui jika lapisan berkilap pada apel berasal dari lapisan lilin.

Apel sebenarnya ada lapisan lilinnya sendiri yang alami. Lapisan ini untuk melindungi apel dari serangan hama dan penyakit tanaman. Lapisan tersebut akan hilang atau rusak karena berbagai hal apalagi jika apel tersebut sudah dipetik dan dibersihkan.

Produsen makanan biasanya menggunakan pelapis shellac atau lak untuk mengembalikan lilin alami buah yang hilang sehingga apel akan mengkilap kembali dan juga mencegah dari busuk karena memar dan bisa tahan lama.

Shellac atau lak adalah resin (getah atau damar) yang merupakan campurn kompleks dari sekresi tumbuhan dan insekta. Dalam hal ini berasal dari lac bug atau kepik.

Menurut USDA Agricultural Research Service, bahan pelapis apel-apel komersial yang banyak digunakan selain shellac adalah carnauba lac. Berbeda dengan shellac, carnauba berasal dari buah kelapa Brasil, namun keduanya sama-sama terkait dengan bahan pelapis untuk bahan non pangan yaitu biasa digunakan untuk pelapis mobil, sepatu bahkan lantai agar lebih bersinar dan berkilap.

Sudah tentu hal tersebut sangat bahaya bagi kesehatan kita jika bahan-bahan tersebut masuk ke dalam tubuh kita. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kita dalam membeli makanan yang sehat dan jangan terpaku pada warna dan kilapnya saja.

Baca Juga

Di PBB, RI Ajak Negara OKI Beri Bantuan Logistik ke Rohingya

New York – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan negara-negara Organisasi ...