Home / Berita / Ibu Kota / Hindari Kemacetan Pada Saat Konferensi Asia Afrika 2015, Apa Saran Polisi ?

Hindari Kemacetan Pada Saat Konferensi Asia Afrika 2015, Apa Saran Polisi ?

Jakarta – Polisi menghimbau kepada para karyawan yang berkantor di ibukota untuk berangkat lebih awal di pagi hari. Imbauan tersebut dikeluarkan terkait dengan peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang akan diselenggarakan mulai minggu sampai dengan tanggal 24 April 2015 di kota Jakarta dan Bandung. Tujuan berangkat lebih awal adalah untuk menghindari kemacetan pada hari kerja, mengingat banyaknya acara dan pergerakan mengarah ke satu titik yaitu JCC pada saat konfrensi berlangsung.

Pada hari Senin 20 April 2015 diperkirakan kondisi lalu lintas masih normal karena seluruh peserta KAA belum hadir dan diperkirakan pada tanggal 21 April hingga 23 April lalu lintas akan padat di jalan-jalan protokol karena para pemimpin negara telah hadir. Demikian penjelasan dari Kepala Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Warsinem.

“Tanggal 21 April para kepala negara masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Tentu pengawalan rombongan peserta KAA menjadi prioritas penuh dari Bandara menuju hotel, hotel menuju Jakarta Convention Center (JCC), kemudian kembali ke hotel lagi akan mendapat pengawalan penuh. Pengawalan sesuai standar internasional,” ujar Warsinem kepada detikcom, Sabtu (18/4/2015).

Pada tanggal 22 dan 23 April 2015 agar warga mewaspadai terjadinya kemacetan di jalan-jalan protokol di DKI Jakarta. Sebab pada tanggal tersebut merupakan acara puncak KAA ke-60 di JCC. Warsinem menyarankan. Para peserta KAA berdatangan berangkat dari hotel menuju JCC pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

Warsinem menjelaskan “Ada pergeseran waktu dari hotel menuju JCC. Waktu mulai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB tamu-tamu sudah sampai JCC. Dan karena ada 18 hotel yang akan digunakan delegasi dan mengarah ke JCC, sekian ribu orang akan mengarah ke JCC,”. “Maka dari itu, diimbau masyarakat untuk jam kerjanya berangkat sebelum pukul 06.00 WIB, bagi yang kerja di daerah Jl Thamrin, Sudirman, ataupun Senayan,” sambungya.

Kepolisian sudah siap mengamankan para peserta KAA yang hadir. Saat berlangsungnya KAA, seluruh jalan-jalan yang akan dilalui oleh peserta KAA akan diamankan polisi.

“Berapapun delegasi yang datang Satpatwal (polisi) siap mengamankan. Arus bandara dikendalikan satlantas, simpang-simpang jalan akan kita atur, kita prioritas kendaraan tamu peserta KAA. Saat kendaraan tamu peserta KAA melintas, di setiap simpang kita akan menghentikan pengendara motor atau mobil sejauh 20 meter dari titik simpang atau lampu lalu lintas. Ini untuk mencegah orang-orang yang menyerobot lampu lalin, menghindari tindakan-tindakan membahayakan yang mau membuat onar, kita melakukan pencegahan dini. Permasalahan sekarang kan saking banyaknya rombongan,” jelas Warsinem.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...