Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Hindari Melakukan Hal Berikut Saat Tidur Malam

Hindari Melakukan Hal Berikut Saat Tidur Malam

tidur dalam gelap

Tidur adalah aktivitas penting bagi setiap manusia. Kegiatan ini diperlukan untuk mengembalikan kebugaran sekaligus memperbaiki kesehatan tubuh. Tapi, ada beberapa kebiasaan salah dan kerap dilakukan orang ketika mau tidur.

Dikutip dari Care2, berikut enam kebiasaan yang tidak baik tentang tidur:

  1. Tidak menjaga waktu tidur secara konsisten. Jadwal tidur malam yan g selalu berubah akan menyebabkan kacaunya ritme tubuh. Salah satu efeknya yaitu mengalami insomnia yang merugikan tubuh. Insomnia dikaitkan dengan menurunnya fungsi otak dan peningkatan risiko diabetes.
  2. Mengambil tidur siang yang lebih panjang untuk membayar kekurangan waktu tidur malam. Tidur siang yang lama membuat orang makin segar pada malam hari. Justru sebaiknya kebiasaan tersebut diubah. Tidur malam diusahakan 6-8 jam dan tidur siang sebentar. Dalam jangka panjang, selalu tidur larut malam dikaitkan dengan matinya sel otak atau neuron secara permanen yang tidak bisa diganti dengan menambah jam tidur siang.
  3. Tidur siang lebih dari 30 menit. Tidur siang sebaiknya dicukupi hanya maksimal 20 menit untuk membugarkan kembali tubuh. Tidur yang lebih dari setengah jam hanya akan membuat badan lemas. Usahakan tidur siang dilakukan tidak lebih dari pukul 16.
  4. Tidak mempersiapkan diri untuk tidur. Tiduran sambil memainkan gadget  atau menonton televisi biasanya menjadi kendala untuk memejamkan mata. Padahal untuk tidur diperlukan situasi yang lebih santai beberapa saat, agar neurotransmitter segera mengirim sinyal tidur ke pusat tidur di otak.
  5. Menyalakan lampu saat tidur. Saat tubuh tertidur merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk memperbaiki diri. Salah satu hormon yang diperlukan untuk hal tersebut adalah melatonin. Hormon ini hanya terproduksi dalam situasi sekitar gelap dan orang sedang terlelap.
  6. Makan sebelum tidur. Ada sebagian orang punya kebiasaan seperti itu. Makan sebelum tidur membuat lambung penuh makanan. Hal ini bisa menyebabkan asam refluks yang bisa mengiritasi tenggorokan dan merapuhkan gigi. Di samping itu, orang akan mengalami peningkatan gula darah yang tajam dan memicu obesitas.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...