Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Hindari Penggunaan Minyak Goreng Berkali-kali

Hindari Penggunaan Minyak Goreng Berkali-kali

Banyak kaum ibu rumah tangga yang menggunakan minyak goreng lebih dari satu kali, selain untuk menghemat biaya alasan lainnya adalah minyak tersebut masih terlihat baik atau bening ketika dipakai satu kali menggoreng.

Ternyata ketika minyak dipanaskan berkali-kali, struktur minyak akan rusak dan berubah menjadi LDL (kolesterol jahat). Jadi bagus atau tidaknya minyak bukanlah dari jenis atau mereknya seperti banyak yang dipromosikan oleh banyak produsen minyak. Namun tergantung dari seberapa sering kita menggunakan minyak itu untuk menggoreng.

“Kalau baru dipakai sekali, minyak masih mengandung HDL (kolesterol baik). Tapi kalau sudah dipanaskan berkali-kali akan berubah”. ujar Dokter Lula Kamal seorang dokter yang juga

Tidak ada minyak goreng yang benar-benar sehat. Ketika dipanaskan berkali-kali struktur minyak akan rusak menjadi LDL (kolesterol jahat). Jadi bagus atau tidaknya minyak bukan dilihat dari jenis melainkan dari seberapa sering minyak itu dipakai menggoreng.

Dan tingginya LDL dalam tubuh akan bisa menyumbat arteri yang memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti jantung, darah tinggi dan stroke.

Baca Juga

Difoto Pakai Drone, Begini Kondisi Kawah Gunung Agung

Bali – Tim drone dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ...